Sukses

Lifestyle

Mengenal Chloe Zhao, Sutradara Perempuan Asia Pertama yang Memenangkan Golden Globes 2021

Fimela.com, Jakarta Industri film menjadi salah satu yang terbuka dengan kehadiran perempuan. Tidak hanya terlibat sebagai pemain, industri film pun kini telah banyak melibatkan perempuan sebagai crew di belakang layar. Salah satunya adalah Chloe Zhao.

Chloe Zhao menjadi salah satu sineas Asia yang berhasil menjajaki industri film global dengan menjadi sutradara, produser dan penulis skenario. Baru-baru ini, perempuan berusia 38 tahun tersebut berhasil membawa pulang satu piala Golden Globes 2021 untuk kategori Sutradara Terbaik melalui drama Nomadland.

Mencoba mengenal Chloe Zhao lebih dalam sebagai sosok perempuan yang inspiratif, Fimela telah merangkum beberapa informasi berikut ini.

1. Beijing ke Amerika

Chloe Zhao merupakan sutradara, penulis skenario, dan produser yang lahir di Beijing, Tiongkok. Dibesarkan di Amerika Serikat, Chloe Zhao sempat mengenyam pendidikan di sekolah asrama di London. Di Amerika Serikat, Zhao mempelajari bidang produksi film di Sekolah Seni Tisch NYU. Di sinilah ia mulai mengerjakan sesuatu yang menjadi bagian dari film panjang pertamanya.

 

2. Deretan film yang dihasilkan

Debutnya di industri film, Zhao menjadi sutradara, penulis skenario, sekaligus produser untuk film Song My Brother Taught Me pada 2015. Kerja kerasnya pun membuahkan hasil dengan terpilih sebagai nominasi di Festival Cannes pada 2017. Di tahun yang sama, Zhao merilis film The Rider yang menjadi drama barat yang mendapatkan banyak sekali pujian. Film terbarunya, Nomadland, pun mendapat peringkat film terbaik 2002 menurut Metacritic.

3. Prestasi mendatang

Zhao dipilih untuk menggarap film superhero besutan Marvel yang berjudul "Eternals". Rencananya, film ini akan rilis pada 5 November 2021. Film ini akan berpusat di sekitar alien kuno yang telah tinggal di bumi secara rahasia untuk seribu tahun.

4. Memenangkan Golden Globes 2021

Ini menjadi kali pertama Chloe Zhao dinominasikan dalam ajang Golden Globes 2021. Di ajang penghargaan ini, Zhao berhasil meraih dua kemenangan sekaligus Nomadland.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Gadis 16 Tahun Mengambil Alih Posisi Presiden Direktur AstraZeneca Indonesia Selama Sehari
Artikel Selanjutnya
5 Tipe Perempuan yang Punya Kedewasaan Tinggi dengan Gaya Hidup Sederhana