Sukses

Lifestyle

5 Cara Alami Meningkatkan Kesuburan pada Perempuan dan Pria

Fimela.com, Jakarta Masalah kesuburan memengaruhi terkadang memengaruhi beberapa orang, hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, yakni faktor internal, seperti keturunan dan faktor ekstrenal, seperti kebiasaan yang tidak sehat, olahraga yang tidak teratur, dan mengonsumsi makanan yang justru menyebabkan ketidaksuburan.

Namun tidak perlu khawatir, karena di sini ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan secara alami. Seperti apa tipsnya? Langsung saja, simak ulasan berikut ini.

Mengonsumsi Makanan yang Kaya Antioksidan

Antioksidan seperti folat dan seng dapat meningkatkan kesuburan pada pria dan perempuan. Antioksidan dapat menonaktifkan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sperma dan sel telur. Sebuah studi pada tahun 2012 yang dilakukan terhadap pria dewasa, menemukan bahwa mengonsumsi 75 gram kenari yang kaya antioksidan per hari meningkatkan kualitas sperma.

Ada juga sebuah studi dari 232 perempuan menunjukkan bahwa asupan folat yang lebih tinggi dikaitkan dengan tingkat implantasi, kehamilan dan kelahiran hidup yang lebih tinggi. Makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang penuh dengan antioksidan sangat bermanfaat bagi kesuburan seperti vitamin C dan E, folat, beta karoten, dan lutein.

Mengurangi Konsumsi Makanan Berlemak

Makanan dengan lemak sehat yang dikonsumsi setiap hari penting untuk meningkatkan kesuburan dan kesehatan secara keseluruhan. Namun, lemak jenuh dikaitkan dengan peningkatan risiko infertilitas ovulasi, karena efek negatifnya pada sensitivitas insulin. Lemak jenuh biasanya ditemukan dalam minyak nabati terhidrogenasi dan biasanya juga terdapat di beberapa margarin, makanan yang digoreng, produk olahan, dan makanan yang dipanggang.

Sarapan yang Lebih Banyak

Makan dengan porsi sarapan yang cukup dapat membantu perempuan dari masalah kesuburan.Salah satu studi menemukan bahwa makan sarapan yang lebih banyak dapat mengurangi efek hormonal sindrom ovarium polikistik, yang menjadi penyebab infertilisasi pada perempuan. Selain itu, ada sebuah studi yang menghasilkan, bahwa para perempuan yang menginsumsi lebih banyak sarapan telah berovulasi lebih banyak daripada perempuan yang makan sarapan lebih sedikit dan makan malam lebih banyak.

Mengonsumsi Makanan yang Berserat

Jenis serat tertentu dapat membantu menghilangkan kelebihan estrogen dengan mengikatnya di usus. Estrogen yang berlebihan kemudian dikeluarkan dari tubuh sebagai sisa makanan. Beberapa contoh makanan berserat tinggi adalah biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

Asupan serat yang direkomendasikan harian untuk perempuan adalah 25 gram per hari dan 31 gram untuk pria. Salag satu studi tahun 2009 menemukan bahwa mengonsumsi 10 gram lebih banyak serat sereal per hari mampu menurunkan risiko sebanyak 44 persen infertilitas ovulasi pada perempuan yang berusia lebih dari 32 tahun.

Melakukan Aktivita Fisik

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk meningkatkan kesuburan. Meningkatkan aktivitas fisik sedang memiliki efek positif pada kesuburan perempuan dan pria, terutama mereka yang mengalami obesitas. Namun, temukanlah aktivitas fisik yang seimbang karena olahraga yang berlebihan juga dapat mengubah keseimbangan energi dalam tubuh, dan berdampak negatif pada sistem reproduksi.

Demikianlah beberapa cara alami yang dapat membantu dalam meningkatkan kesuburan. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading