Sukses

Lifestyle

Jarang Disadari, 5 Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur ini Dapat Menurunkan Kualitas Tidur

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki pola dan kebiasaan tidur yang buruk. Hal ini karena kebanyakan orang menganggap kebiasaan buruk tersebut sebagai hal yang wajar dan tak perlu dikhawatirkan karena. Padahal, tanpa disadari kebiasaan buruk sebelum tidur ini dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang dan jika dibiarkan terus-menerus akan memengaruhi kondisi kesehatan.

Agar lebih berhati-hati, berikut adalah beberapa kebiasaan buruk sebelum tidur yang dapat memperburuk kualitas tidur seseorang. Langsung saja simak ulasan berikut ini, ya, Sahabat Fimela.

Berolahraga Mendekati Waktu Tidur

Saat berolahraga, tubuh mendapatkan aliran endorfin yang dapat meningkatkan kadar adrenalin dan kortisol dalam aliran darah. Efeknya akan merangsang dan dapat membuat tubuh dapat terjaga selama berjam-jam.

Bagi banyak orang, tertidur langsung setelah berolahraga hampir tidak mungkin terjadi. Jika dirimu mengalami gangguan susah tidur namun suka berolahraga maka sebaiknya lakukanlah aktivitas fisik lebih awal.

Menggunakan Gadget di Tempat Tidur

Kebanyakan orang suka bersantai di malam hari dengan menonton televisi, menggunakan ponsel, atau bermain video game. Cahaya dari layar ini kemungkinan akan membuatmu tetap terjaga. Cobalah untuk menghindari bermain gadget dalam satu atau dua jam sebelum waktu tidur. Matikan semua perangkat elektronik saat berada di kamar tidur.

Makan Secara Berlebihan

Hal yang harus dipahami ialah bahwa waktu tidur merupakan waktu bagi tubuh untuk beristirahat baik itu melakukan aktivitas di luar maupun di dalam tubuh, seperti metabolisme.

Mengonsumsi makanan secara berlebihan sebelum tidur akan menyebabkan metabolisme dalam tubuh tetap berlangsung sehingga tubuh akan mengeluarkan energi lebih banyak. Dampaknya, saat bangun tubuh akan terasa lemas bahkan bisa menyebabkanmu kesulitan saat memulai tidur.

Begadang

Begadang bahkan jika dilakukan hanya sesekali hingga larut malam dapat berdampak buruk pada jadwal tidur. Alasannya, karena bisa jadi lebih sulit untuk bangun pada waktu biasa keesokan paginya.

Jika hal ini terus berlanjut dan menjadi kebiasaan akan mendorong seseorang mengalami gangguan susah tidur di malam hari atau insomnia. Di mana tubuh akan terbalik dalam menganali waktu, malam menjadi siang dan siang menjadi malam.

Tidur di Akhir Pekan

Siapa yang tidak suka bermalas-malasan di hari Sabtu dan Minggu, karena akhir pekan adalah waktu luang yang membebaskan seseorang dari pekerjaan. Masalah dengan tidur di sepanjang akhir pekan adalah menyebabkan kesulitan tidur pada Minggu malam.

Sehingga seseorang akan cenderung kurang tidur dan mengantuk pada hari berikutnya. Sebaiknya samakanlah waktu beraktivitas secara rutin setiap harinya agar tetap mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Demikianlah penjelasan mengenai kebiasaan buruk sebelum tidur yang jarang disadari. semoga bermanfaat. 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading