Sukses

Lifestyle

Ini 4 cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Fimela.com, Jakarta Tekanan darah mungkin sudah diukur berkali-kali di kantor dokter atau bahkan di dokter gigi. Ini adalah salah satu penanda kesehatan yang mungkin tidak terlalu kamu pikirkan sampai ada sesuatu yang salah, atau kamu memiliki riwayat keluarga dengan masalah tekanan darah.

Namun perlu dipahami sebelum mengkhawatirkan tekanan darah kamu termasuk cara menurunkan tekanan darah tinggi jika itu menjadi masalah kesehatan bagimu. Mari kita mulai.

Apa itu tekanan darah dan Bagaimana cara mengukur tekanan darah ?

Tekanan darah, atau tekanan arteri, adalah tekanan di mana darah mengalir melalui arteri, atau tekanan yang diberikan darah pada dinding arteri. Dilansir dari womenshealthmag.com, menurut Lauren Munsch Dal Farra, MD, seorang dokter penyakit dalam, ahli jantung dan CEO dari PALM Health di St. Louis. “Saat tekanan darah diukur, ada dua nilai, maksimum dan minimum, dinyatakan dengan dua angka yang dipisahkan dengan garis miring,” jelasnya. Misalnya, 135/85 millimeter merkuri (mmHg) berarti tekanan maksimum 135 dan tekanan minimum 85.

Angka pertama dalam pengukuran juga dikenal sebagai tekanan darah sistolik, yaitu tekanan di arteri saat jantung berdetak. Angka kedua adalah tekanan darah diastolik, yang merupakan tekanan arteri di antara detak jantung, kata Sameer K. Mehta, MD, ahli jantung bersertifikat dan presiden Denver Heart. Perbedaan antara kedua tekanan tersebut dikenal sebagai tekanan nadi.

“Kegunaan tekanan nadi masih diselidiki, meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasien dengan tekanan nadi yang lebar (lebih dari 60 mmHg) berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, stroke, atau kematian,” kata Dr. Mehta.

Bagaimana tekanan darah bisa dikatakan normal ?

Pengukuran tekanan darah yang "normal" atau sehat kurang dari 120/80, kata Dr. Dal Farra. Maksimal melebihi 140, atau minimal lebih tinggi dari 90, menunjukkan orang tersebut menderita hipertensi, atau tekanan darah tinggi. Lebih dari 180/120 dianggap hipertensi berat. Meskipun hipertensi seringkali tidak memiliki gejala, seiring waktu, hal itu dapat menyebabkan kondisi jantung seperti penyakit jantung dan stroke.

Berikut cara menurunkan tekanan darah menurut para ahli dikutip dari womenshealthmag.com

1. Lakukan latihan aerobik secara teratur

Aktivitas fisik adalah kebiasaan gaya hidup terpenting yang harus dikembangkan untuk membantu menurunkan tekanan darah. Latihan terbaik untuk mengurangi tekanan darah (dan kolesterol) adalah latihan aerobik seperti jalan cepat, bersepeda, atau berenang, menurut penelitian dengan relawan hipertensi. Untuk memperbaiki kondisi kardiovaskular, kamu harus berusaha melakukan latihan aerobik sedikitnya 30 menit sehari, tiga kali seminggu.

2. Mengurangi Stres

Seiring waktu, stres kronis tingkat rendah dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, peningkatan detak jantung, dan ketegangan otot. Bagi orang yang merasa stres, berlatih teknik relaksasi seperti meditasi dan peregangan dapat bermanfaat.

Turunkan berat badan jika secara medis kelebihan berat badan atau obesitas

Tekanan darah meningkat dengan indeks massa tubuh, jadi bagi orang yang kelebihan berat badan atau obesitas, penurunan berat badan adalah cara paling efektif untuk menurunkan tekanan darah.

Latihan aerobik, latihan kekuatan, dan rencana makanan kaya nutrisi adalah komponen penting dari penurunan berat badan. Dokter juga merekomendasikan untuk meningkatkan konsumsi buah-buahan, sayuran, makanan berserat tinggi, dan karbohidrat kompleks serta mengurangi konsumsi lemak jenuh dan gula sederhana.

Makan lebih sedikit garam dan lebih banyak kalium

The American Heart Association menyarankan untuk membatasi natrium hingga kurang dari 1500 mg sehari untuk mencegah hipertensi. Kebanyakan orang dapat mengatur sendiri dan mengeluarkan ekstra garam dan air dalam urin mereka, jadi mengurangi garam tidak berdampak signifikan pada tekanan darah. Namun, mengurangi asupan garam bermanfaat bagi orang yang 'sensitif terhadap garam', memiliki ketidakseimbangan dalam rasio garam dan kalium, mengalami gagal jantung kongestif, atau memiliki penyakit ginjal.

Studi menunjukkan bahwa yang lebih penting daripada hanya menurunkan garam adalah menjaga rasio garam terhadap kalium yang benar, tambah Dr. Dal Farra. Memiliki keseimbangan yang sehat dari dua mineral (lebih sedikit garam, lebih banyak kalium) dalam tubuh sangat penting untuk menjaga tekanan darah yang sehat.

Dia merekomendasikan makan pola makan nabati, makanan utuh yang kaya akan makanan alami kaya kalium, seperti brokoli, bayam, bit, bit hijau, tomat, saus tomat, wortel, sayuran bertepung seperti kentang dan labu musim dingin; lentil dan kacang-kacangan (terutama kacang putih dan kedelai), buah-buahan seperti pisang, jeruk, melon, melon, aprikot, jeruk bali, dan beberapa buah kering, seperti plum, kismis, dan kurma.

Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading