Sukses

Lifestyle

7 Kegiatan Ini Membantumu Mengurangi Waktu Duduk yang Terlalu Lama

Fimela.com, Jakarta Saat menjalani hari, kita tidak terlalu memperhatikan waktu yang kita habiskan untuk duduk. Baik itu sambil bekerja di depan laptop, menonton TV, membaca dan masih banyak lagi aktivitas sejenisnya. Jika dirimu memiliki pekerjaan yang mengharuskanmu duduk hampir sepanjang hari, mengurangi duduk bisa menjadi tantangan.

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat mempersingkat harapan hidup dan memotong setengah waktu dudukmu, dapat meningkatkan harapan hidupmu secara signifikan. Duduk hampir sepanjang hari dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan memengaruhi metabolisme. Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mengurangi waktu duduk dan dapatkan aktivitas fisik yang bermanfaat bagi tubuh.

1. Menaiki Tangga

Jika dirimu pergi ke kantor dan sering menggunakan fasilitas menaiki lift untuk sampai ke ruang kerja, cobalah untuk membiasakan diri dengan menaiki tangga. Lakukanlah hal itu dengan kata lain berolahraga demi kesehatan tubuhmu.

2. Jangan Banyak Bersantai

Setelah makan siang, tahan godaan untuk duduk atau bersantai. Cobalah untuk jalan-jalan untuk memperbaiki pencernaan.

3. Lakukan Pekerjaan Rumah

Lakukan pekerjaan rumah tangga untuk mendapatkan gerakan fisik yang sangat dibutuhkan seperti membersihkan rumah atau merapikan kamarmu.

4. Istirahat Secara Teratur

Jika dirimu bekerja dari rumah, maka biasakan untuk istirahat secara teratur dan berdiri serta regangkan tubuhmu untuk mencegah otot menjadi kaku.

5. Tetap Bergerak saat Bekerja

Cara termudah untuk tetap bergerak setelah interval waktu yang teratur saat bekerja, adalah dengan berdiri, pergi ke dapur dan mengisi ulang segelas air setiap jam.

6. Jalan Cepat

Saat memarkir kendaraan di suatu tempat tujuan, parkirlah sejauh mungkin dari tujuan agar mendapat kesempatan untuk menempuh jarak dengan berjalan kaki cepat.

7. Menari

Menari adalah cara yang menyenangkan untuk berolahraga dan mengendurkan otot-otot yang kaku. Jadi biasakan untuk mendengarkan lagu favoritmu setiap hari dan hindari untuk duduk di sofa, cobalah untuk menggerakan tubuh dengan musik yang dimainkan.

Nah, agar tetap memiliki tubuh yang sehat tetap banyak gerak ya Sahabat Fimela! Cobalah untuk membuat rutinitas yang dapat membantumu tetap bergerak aktif disamping melakukan kerjaan yang dituntut untuk duduk lebih lama.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading