Sukses

Lifestyle

Waspadai Postur Tubuh yang Berubah Akibat Terlalu Lama Duduk di Meja Kerja

Fimela.com, Jakarta Akibat kebijakan physical distancing membuat sebagian karyawan harus bekerja dari rumah. Sehingga mereka yang bekerja dari rumah harus mencari sudut yang pas dan membuatnya menjadi tempat yang nyaman.

Namun selama bekerja dari rumah atau WFH membuat jam kerja menjadi lebih tidak beraturan. Apakah kamu merasa demikian? Kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu di meja kerja dan mengharuskanmu duduk di meja kerja dalam waktu yang lama.

Seperti dilansir dari Purewow pada Minggu, (10/5/2020) terlalu lama duduk di meja kerja ternyata berdampak pada kondisi tubuh. Menurut Dr. Sebastian Kverneland yang merupakan chiropractor menuturkan duduk di meja memberi banyak tekanan pada leher.

"Secara umum, berada dalam posisi apapun sepanjang hari berdampak buruk pada posturmu. Namun duduk sangat berdampak. Bekerja sambil duduk di ruang yang tidak ekonomis membuat kita cenderung menundukkan kepal, terutama saat menggunakan telepon. Semakin maju kepalamu, semakin banyak tekanan yang diletakkan di leher," ungkapnya.

 

Perlu adanya peregangan

Jika kamu berhenti duduk di meja, secara dratis akan meningkatkan penyelarasan bentuk tubuh. Bahkan istirahat kecil dapat membantu mengurangi efek jangka panjang dari postur tubuh yang buruk.

Pada dasarnya, memiliki posisi duduk yang salah akan merujuk pada leher yang semakin kaku dari waktu ke waktu. Hal ini disebabkan terjadinya penumpukkan jaringan berlebih.

Namun jika kamu tidak sama sekali tidak bisa menghindari duduk di meja, Dr. Kverneland merekomendaskan untuk melakukan upaya sadar untuk menyesuaikan postur tubuh.

 

Ini yang perlu dilakukan

Sebaiknya, kamu mengambil istirahat setelah duduk dalam durasi yang panjang. Penting untuk menjadwalkan diri untuk istirahat dengan berdiri dan berjalan. Regangkan leher dan punggung secara berkala.

Ketika bekerja, pastikan kamu duduk dengan posisi yang benar. Di mana pandanganmu bisa melihat lurus ke depan layar komputer atau telepon. Ini termasuk postur tegak dan sandaran yang mendukung. Kepala dapat bersandar dengan nyaman tanpa melelahkan leher.

Simak video berikut ini

#changemaker

What's On Fimela
Loading