Sukses

Lifestyle

Cara untuk Menyeimbangkan Pekerjaan, Rumah dan Kewajiban Rohani Selama Ramadan

Fimela.com, Jakarta Ketika bekerja dari mempertahankan produktivitas adalah sebuah tantangan besar. Ada begitu banyak hal di sekitar rumah sepanjang hari yang dapat mengganggu keseimbangan yang diusahakan untuk dipertahankan. Di bulan suci yang diberkati ini datang lebih banyak tanggung jawab, mengingat kewajiban khusus harus dipenuhi.  Kunci untuk mempertahankan jadwal kerja regular dan memenuhi kewajiban agama adalah dengan persiapan. Berikut adalah tips untuk menyeimbangkan pekerjaan, rumah dan rohani selama Ramadan.

Tetapkan Tujuan

Menetapkan beberapa tujuan spiritual yang sangat spesifik di antara pekerjaan dan rumah selama Ramadan perlu untuk dilakukan. Beberapa tujuan harian seperti berusaha untuk shalat tepat waktu, setidaknya membaca Al-Quran dan juga melakukan shalat tarawih. Untuk aktivitas mingguan, dapat membatasi kegiatan yang membuang-buang waktu misalnya seperti bermain game di depan komputer atau lainnya. Untuk tujuan dalam waktu bulanan, bisa bersifat jangka panjang seperti mengoreksi diri. Tujuan harus dibuat lebih spesifik, realistis dan terukur.

Rencana Kedepan

Pikirkan segala sesuatu yang ingin dicapai pada hari itu dan buat rencana untuk mewujudkannya. Buatlah daftar yang harus dilakukan dengan sederhana yang mencakup semua yang ingin dicapai untuk harian maupun mingguan. Sebagai contoh, perencanaan makan selama seminggu, Sahabat Fimela bisa merencanakan makan sahur dan buka puasa selama satu minggu dengan makanan yang sehat, sehingga dirimu tidak terburu-buru mencari ide menu makan sahur dan berbuka.

Perencanaan dan persiapan makan keluarga selama sebulan tampaknya lebih rumit, jika merencanakan jauh-jauh hari ini bermanfaat untuk menghemat waktu, uang, dan produktivitas secara keseluruhan. Mulailah membuat menu makan lengkap seperti menu berbuka, sahur dan takjil. Selanjutnya, buat daftar belanja yang mencakup bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat setiap makanan dan camilan

Prioritaskan Tugas

Ketika membuat catatan harian, prioritaskan setiap tugas berdasarkan kepentingannya. Mengelola setiap tugas dengan terencana sesuai dengan urutan kepentingan akan memastikan Sahabat Fimela menyisihkan cukup waktu untuk menangani tugas yang mendesak secara tepat waktu. Buatlah jumlah waktu untuk menentukan mengerjakan pekerjaan dan meningkatkan produktivitas. Mulailah dengan membuat daftar semua kegiatan yang perlu diselesaikan di hari itu. Untuk kegiatan keesokan harinya, buat daftar baru.

Tetap Terhubung dengan Keluarga

Tetapkan batasan yang jelas degan keluarga selama jam kerjaagar tidak terganggu untuk menyelesaikan pekerjaan. Jika penghasilan berkontribusi pada biaya hidup keluarga, Sahabat Fimela harus memenuhi kewajiban kerja secara efektif sepanjang Ramadan, sehingga dirimu juga dapat memenuhi kewajiban spiritual dan tujuan pribadi yang telah ditetapkan untuk diri sendiri.

Duduk bersama keluarga untuk membahas tentang Ramadan merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Ini adalah saat yang tepat untuk menilai karakter kita dan mempertimbangkan setiap perbaikan karakter kita. Diskusikan banyak hal yang mungkin muncul misalnya seperti masalah pekerjaan, rekan kerja dan lainnya yang membantu untuk mengembangkan strategi untuk menghindari

Hindari Menunda Waktu

Ketika hidup penuh dengan kesibukan dan Ramadan begitu dekat, begitu mudah untuk menunda perencanaan. Ini belum terlambat, manfaatkan sepenuhnya bulan ini dan rencanakan Ramadan yang produktif dan sukses sehingga dapat memetika hasil yang telah Allah izinkan dalam rahmat-Nya yang tak terbatas.

Tetapkan tujuanmu, buatlah rencana yang matang supaya semua dapat berjalan dengan selaras antara pekerjaan, rumah, dan rohani.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

What's On Fimela
Loading