Sukses

Lifestyle

Bersama tapi Terjebak Sunyi, 5 Alasan Merasa Kesepian padahal Punya Pasangan

Fimela.com, Jakarta Benarkah punya pasangan adalah jaminan untuk menghalau kesepian? Nyatanya banyak orang yang masih merasa kesepian padahal sudah punya pasangan. Ada yang merasa sunyi padahal sedang bersama. Ada yang merasakan semacam kekosongan padahal ada pasangan yang membersamai.

Alasan merasa kesepian padahal sudah punya pasangan bisa karena berbagai hal. Banyak faktor yang memengaruhinya. Secara umum, lima hal inilah yang bisa memicu rasa kesepian padahal sudah punya pasangan.

1. Ada Ekspektasi yang Tidak Terpenuhi

Awalnya kita membayangkan pasangan kita adalah sosok sempurna yang memenuhi semua standar tipe idaman kita. Akan tetapi, kenyataannya dia memiliki sejumlah kekurangan yang jauh dari ekspektasi kita. Saat ada ekspektasi kita yang tak terpenuhi dan kita tak bisa mengatasinya dengan baik, maka bisa membuat kita merasa kecewa dan kesepian. Dalam sebuah hubungan, tak semuanya memuat hal serba sempurna. Jadi, penting untuk menata ekspektasi kita ketika menjalin suatu hubungan.

2. Makin Renggangnya Ikatan dalam Hubungan

Pasangan yang sudah menikah pun bisa merasakan kesepian. Melansir laman momjunction.com dalam artikel "6 Devastating Causes Of Loneliness In Marriage And Ways To Deal With It", kesepian dalam pernikahan terjadi saat kita dan pasangan berada dalam satu tempat tapi tidak bisa saling terhubung satu sama lain. Muncul rasa canggung. Tak ada kedekatan fisik atau batin, dan hal ini bisa menghadirkan rasa kesepian.

3. Tak Ada Rasa Saling Menghargai

Lunturnya rasa saling menghargai bisa memicu kesepian. Sebagai contoh, selama ini hanya kamu yang memberikan yang terbaik pada pasanganmu. Sedangkan pasanganmu lebih sering cuek atau bahkan tak menghargai usahamu. Akibatnya yang terjadi kamu merasa begitu hampa karena ada yang terasa timpang dalam hubunganmu. Ada rasa lelah karena kamu sudah memberikan semua yang terbaik demi pasanganmu.

4. Masih Belum Bisa Menerima Perbedaan yang Ada

Satu hal yang perlu kemabali diingat adalah kamu dan pasanganmu adalah dua individu yang berbeda. Maka, selain sejumlah kesamaan, pasti ada perbedaan yang mewarnai hubungan. Selama perbedaan bisa dikompromikan maka hubungan bisa tetap berjalan harmonis. Akan tetapi, jika perbedaan yang ada malah memicu konflik yang berkepanjangan, maka rasa kesepian akan muncul ke permukaan.

5. Masih Belum Ada Ketulusan dalam Cinta

Tidak ada cinta, tidak ada kehangatan dalam kebersamaan. Ya, kemungkinan ini bisa jadi ada dalam hubunganmu. Sudah memiliki pasangan tapi yang dirasakan ternyata adalah kesepian. Bisa jadi selama ini memang belum ada cinta yang tulus dalam hubungan. Hubungan yang dimiliki saat ini belum benar-benar dilandasi oleh cinta. Kalau perasaan kesepian terus hadir dan makin menyiksa, coba evaluasi lagi hubunganmu.

Ada baiknya untuk segera dikomunikasikan dengan pasangan bila rasa kesepian terus menghantuimu dalam menjalin hubungan. Bila perlu, konsultasikan diri ke psikolog atau konselor hubungan untuk mencari jalan keluar terbaiknya. 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading