Sukses

Lifestyle

3 Cara Praktis Mewujudkan Kebahagiaan dalam Waktu Singkat

Fimela.com, Jakarta 20 Maret telah ditetapkan sebagai Hari Kebahagiaan Sedunia oleh United Nations pada tahun 2012. Biasanya diperingati untuk mengakui pentingnya kebahagiaan dalam kehidupan orang-orang di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia.

Di tahun 2021, tema Hari Kebahagiaan Sedunia adalah “Keep Calm. Stay Wise. Be Kind” (Bersikap Tenang. Tetap Bijak. Berbaik Hati), dan ketiga hal ini berhubungan dengan respon kita terhadap situasi pandemi saat ini. Penting bagi kita untuk bisa terus bersikap tenang, membuat keputusan yang bijak dan tentunya berbuat baik kepada orang lain. Ketiga hal ini juga dapat membantu kita untuk terus merasa bahagia.

Selain Hari Kebahagiaan Sedunia, tahun 2012 juga menjadi tahun di mana Sustainable Development Solutions Network (SDSN) untuk pertama kalinya menerbitkan World Happiness Report (WHR), sebuah survei terkait kebahagiaan global yang menilai negara-negara di dunia berdasarkan persepsi kebahagiaan menurut penduduk setiap negara tersebut. Sejak tahun 2016, World Happiness Report diterbitkan setiap tanggal 20 Maret untuk merayakan Hari Kebahagiaan Sedunia.

Dirangkum dari berbgai sumber, ada 3 cara praktis untuk meraih kebahagiaan yang dapat kita coba. Berikut ulasannya.

1. Sikap Positif dan Memilih untuk Bahagia

Menurut psikolog, Jovita Ferliana, M.Psi, sebuah riset menunjukkan bahwa orang dengan mudahnya dapat mengalah pada perasaan negatif, seperti memilih permusuhan, iri, cemas, ataupun sedih, namun sebaliknya kita juga dapat memutuskan untuk memilih sikap yang positif, melupakan yang jahat dan merasa bahagia.

Riset lain menunjukkan bahwa bagian terbesar dari kebahagiaan berada dalam kontrol seseorang, melalui aktivitas-aktivitas yang dipilih dan bagaimana merespon situasi dihadapi dalam kehidupan.

Rasa bahagia adalah sebuah pilihan, dan keputusan untuk menjadi senang atau tidak, ada di tangan kamu. Hal ini juga tergantung dari cara kamu menyikapi situasi dan segala sesuatu yang terjadi dalam hidup.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah sebelum kita bisa berbagi kebahagiaan dengan orang lain, sebaiknya kita terlebih dahulu juga merasa bahagia.

 

2. Tularkan Kebahagiaan

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Wall's Indonesia (@wallsidn)

Tahun ini, Wall’s, brand es krim yang selama 29 tahun telah berbagi rasa kebahagiaan dengan masyarakat Indonesia, kembali menjadi partner World Happiness Report untuk kedua kalinya. Kerjasama antara Wall’s dan WHR mencerminkan tujuan mulia Wall’s untuk bikin #SemuaJadiHappy. Wall’s percaya bahwa bersama dengan WHR, Wall's dapat memenuhi komitmennya untuk menciptakan Indonesia yang lebih happy.

Masa pandemi ini telah menunjukkan pada kita bahwa kita dapat membuat orang lain bahagia dengan memberi, yang tidak selalu harus dalam bentuk materi.

Berbagi kebahagiaan itu bisa dengan menjadi tempat curhat, menanyakan kabar teman, mengajak video call sekedar untuk berbagi cerita, atau sesimpel memberikan sebuah senyuman!

3. Hormon Dopamin Serotonin

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Greenfields ID (@greenfields.id)

Tahukah kamu yogurt dapat membantu membuat kamu merasa lebih bahagia? Probiotik yang terdapat di dalam yogurt dapat meningkatkan mikroba di dalam perut yang nantinya mempengaruhi hormon seperti dopamin serotonin yang dapat membuat kamu merasa lebih bahagia.

Greenfields mengajak kita semua untuk mengisi Hari Kebahagiaan Sedunia dengan keseruan dan keceriaan. Empat varian terbaru Greenfields Yogurt Drink yang lezat dan segar dapat membantu membuat harimu lebih cerah dan membuatmu lebih bahagia.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading