Sukses

Lifestyle

Lepaskan yang Tak Bisa Digenggam, maka Beban di Pundakmu akan Lebih Ringan

Fimela.com, Jakarta Diri kita bukanlah pusat semesta. Dunia tidak berputar dengan menjadikan diri kita sebagai porosnya. Kita pun bukan pengendali segala hal. Ada hal-hal yang memang masih bisa kita kendalikan, tapi ada hal-hal yang memang perlu dilepas dari genggaman karena tidak menjadi bagian dari kendali kita.

Ya, hidup memang tak selalu mudah. Baik itu dalam hal percintaan, pekerjaan, keluarga, dan lainnya. Ada saja hal-hal yang membuat kita kecewa. Ada saja yang membuat kita bersedih. Tapi bukan berarti kita meratapi keadaan terus menerus. Kita pun perlu melepas hal-hal yang tak bisa kita genggam agar beban di pundak kita bisa lebih ringan.

Melepas Sesuatu untuk Mendapat Sesuatu

“A star falls from the sky and into your hands. Then it seeps through your veins and swims inside your blood and becomes every part of you. And then you have to put it back into the sky. And it's the most painful thing you'll ever have to do and that you've ever done. But what's yours is yours. Whether it’s up in the sky or here in your hands. And one day, it'll fall from the sky and hit you in the head real hard and that time, you won't have to put it back in the sky again.”― C. JoyBell C.

Tidak semua kesedihan perlu kita pendam terus. Adakalanya kita perlu bersedih tapi secukupnya saja. Setelah itu, lepaskan kesedihan itu. Saat ada hal yang tak bisa menjadi milik kita, maka ikhlaskan saja. Dengan begitu, hati kita akan terasa lebih lapang dan kita bisa memperkenankan hal-hal yang lebih baik untuk menempatinya.

Mengikhlaskan Sesuatu Selalu Memberi Pelajaran Berharga

Seseorang yang sudah pergi tak perlu terus ditahan. Cinta yang kandas biarlah jadi pelajaran hidup. Pekerjaan yang belum bisa diraih, tak apa ambil saja hikmah dari perjuangan yang sudah dilakukan. Impian yang belum tercapai, tak apa untuk mengambil jarak sejenak dan beristirahat. Kadang saat kita sudah mengikhlaskan sesuatu dengan segenap hati, ada kelegaan yang akan kita peroleh. Prosesnya mungkin tidak mudah dan butuh waktu lama, tapi semua itu akan menjadikan hidup lebih berharga.

Sesekali Kita Perlu Menepuk-nepuk Pundak Sendiri

“Once you realize you deserve a bright future, letting go of your dark past is the best choice you will ever make.”― Roy T. Bennett, The Light in the Heart

Lepaskan hal-hal yang memang sudah tidak digenggam lagi. Lalu, fokus pada meraih hal-hal baru yang lebih baik. Tepuk-tepuk pundakmu dan berterima kasihlah pada diri sendiri yang sudah berjuang dan berjalan hingga sejauh ini. Beban hidup mungkin tak selalu mudah untuk ditanggung seorang diri. Namun, kita bisa perlahan meringankannya dengan senantiasa bersyukur dan mengikhlaskan hal-hal yang di luar kendali diri.

Semoga ada kebahagiaan baru yang bisa kamu raih. Semoga yang hilang akan segera tergantikan dengan yang lebih baik. Terima kasih sudah bertahan hingga sejauh ini.

#ElevateWomen

Hospital Playlist 2 Raih Rating Tinggi di Episode Perdana
Loading
Artikel Selanjutnya
Kumpulan Kata-kata Dewasa Penuh Makna yang Memotivasi Diri
Artikel Selanjutnya
Kadang Hati Perempuan Perlu Dipatahkan Dulu sebelum Menemukan Belahan Jiwanya