Sukses

Lifestyle

Jarang Diketahui, Inilah 6 Manfaat Tidur Tanpa Busana

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela pernah tidur tanpa busana? Mungkin, hanya sebagian kecil orang yang melakukannya karena ada perasaan tidak nyaman atau risih saat tertidur. Ternyata, tidur tanpa busana memiliki banyak manfaat, tidak hanya bagi kualitas tidur namun juga bagi kualitas kesehatan secara menyeluruh dan ini sudah dibuktikan dengan sejumlah penelitian.

Agar tidak penasaran, berikut ini adalah beberapa manfaat tidur tanpa busana. Yuk! Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Tidur Lebih Cepat dan Lebih Nyenyak

Menciptakan lingkungan tidur dalam kisaran suhu yang ideal dapat berdampak besar pada kualitas tidurmu. Suhu terbaik untuk tidur adalah antara 60 dan 67 derajat Fahrenheit. Tidur telanjang dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan membantumu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Penurunan suhu tubuh juga berperan sebagai isyarat biologis bagi tubuh untuk tidur. Tidur telanjang dapat membantumu menurunkan suhu tubuh dengan cepat dan tidur lebih cepat, yang dapat menyebabkan membuat waktu tidur menjadi konsisten dan juga lebih nyenyak.

Mengurangi Stres

Karena tidur telanjang dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik, sehingga dapat membantu dalam mengurangi stres.

Sebuah studi yang dijalankan oleh The Journal of Gerontology yang mempelajari pola tidur dan efeknya menunjukkan hubungan intim antara tidur dan tingkat stres. Ada juga bukti bahwa memiliki suasana hati yang baik juga dapat mengatasi insomnia secara keseluruhan.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Satu studi menemukan bahwa menghabiskan lebih banyak waktu telanjang meningkatkan kepercayaan diri dan menurunkan ketidakpuasan pada citra tubuh.

Studi tersebut juga mengutip dampak budaya pada citra tubuh dan bagaimana menghabiskan lebih banyak waktu telanjang dapat membantu mengatasi hambatan mental dan standar yang tidak realistis tersebut. Sebab, seseorang yang sering melihat bentuk tubuhnya akan bisa menerima dirinya dengan apa adanya.

Mencegah Peningkatan Berat Badan dan Meningkatkan Metabolisme

Dalam tinjauan sistematis, yang diterbitkan oleh Obesity Society, ada banyak penelitian lebih lanjut yang membuktikan hubungan antara kurang tidur dengan penambahan berat badan.

Melepas pakaian sebelum tidur dapat membantu mempertahankan atau memperbaiki jadwal tidur. Dengan jumlah waktu mencapai tujuh hingga sembilan jam yang direkomendasikan.

 

Menjaga Kesehatan Kulit

 

Selain mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit, tidur yang lebih nyenyak saat tidur telanjang juga membantu kulit menyembuhkan luka lebih cepat, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Federation of American Societies for Experimental Biology.

Mereka membuat lecet pada partisipan menggunakan penyedotan dan kemudian mengukur bagaimana proses penyembuhan kulit berhubungan dengan tidur partisipan.

Memberikan Kesehatan pada Organ Reproduksi Perempuan

Melepas pakaian saat tidur memiliki dampak positif pada kesehatan vagina. Mengenakan pakaian dalam yang terlalu ketat dapat meningkatkan risiko wanita terkena infeksi jamur sehingga banyak dokter kandungan akan merekomendasikan untuk melakukan pencegahan. Jika dirimu kurang nyaman saat tidur tanpa busana, dirimu bisa menggunakan pakaian dalam katun yang longgar.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa manfaat tidur tanpa busana. Semoga bermanfaat.

 

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading