Sukses

Lifestyle

Lakukan Ini Sejenak saat Penat Bekerja Terbukti Tingkatkan Produktivitas

Fimela.com, Jakarta Lelah dan penat bekerja pasti pernah dirasakan setiap orang. Pada saat seperti itu, mustahil rasanya bisa fokus dengan pekerjaan dan bisa menyelesaikannya dengan baik. Itulah mengapa kamu perlu sesekali rehat di sela-sela bekerja.

Sebuah penelitian yang dilakukan di North Carolina State University menemukan bahwa mengambil jeda "rehat mikro" mampu mengatasi lelah dan penat karena terus-terusan bekerja. Salah satu cara sederhana mengambil jeda istirahat di sela-sela bekerja adalah dengan mendengarkan musik, jalan-jalan sebentar ke dapur, buang air kecil ke toilet dan lain sebagainya.

Istirahat sejenak bantu jaga produktivitas kerja

Para peneliti mengatakan bahwa mengambil rehat sejenak setelah berhari-hari lesu dalam bekerja mampu meningkatkan kinerja, produktivitas dan bahkan membangkitkan kreativitas. Dan ternyata tidak butuh solusi yang besar untuk melepaskan penat tersebut, cukup dengan memutus waktu kerja berjam-jam dengan waktu istirahat sejenak.

Bekerja secara alami akan menimbulkan tuntutan dan tekanan sehingga sangat mudah menumpuk stres di dalam tubuh. Secara otomatis pula tubuh akan membutuhkan waktu istirahat. Salah satu penulis penelitian Sophia Cho dari North Carolina State University mengatakan bahwa rehat mikro bisa dilakukan selama lima menit saja, dan meskipun terkesan sangat singkat namun jika dilakukan di waktu yang tepat, perubahannya akan terasa sangat kuat.

Penelitian yang dilakukan dengan cara survei terhadap 98 pekerja dari Amerika Serikat, dengan eksperimen kedua terhadap 222 pekerja Korea Selatan ini menemukan bahwa di hari-hari ketika pekerja merasa sangat lelah, mereka cenderung melakukan rehat sejenak lebih sering dibanding hari-hari lainnya. Istirahat mikro ini membantu mereka mempertahankan energi sepanjang hari dan meningkatkan produktivitas kerja.

Bahkan jika kamu bekerja dari rumah, kamu bisa sesekali berjalan keluar untuk melepaskan penat atau sekedar berjalan ke dapur untuk mengambil minum atau lainnya Sahabat Fimela, agar otak tidak penat dengan pekerjaan.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading