Sukses

Lifestyle

Sering Lapar Tengah Malam? Simak Ini

Fimela.com, Jakarta Pernah bertanya-tanya apa yang sering membuatmu bangun tengah malam karena merasa lapar? Apakah normal untuk merasa lapar di waktu seperti itu?

Sebagian tingkat rasa lapar diatur oleh ritme sirkadian, yang biasanya meningkat sepanjang hari, tertinggi di malam hari dan menurun sepanjang malam hingga pagi hari. Dorongan tidur bisa sangat kuat, sehingga jika otak atau tubuh terbangun di tengah periode tidur karena lapar, ini menunjukkan bahwa ada sesuatu yang tidak aktif.

Hal ini dibenarkan oleh para ahli, bahwa tidak biasa untuk bangun dalam keadaa lapar di tengah tidur, karena jam biologis internal tidak mengharapkan kamu untuk makan di saat itu. Dilansir dari huffpost.com, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kamu sering lapar tengah malam.

1. Kamu tidak cukup makan di siang hari

Jika kamu tidak mengonsumsi cukup kalori di siang hari, kamu mungkin akan terbangun dengan perut lapar di tengah malam. Ingat bahwa setiap peningkatan atau perubahan aktivitas fisik yang biasa, seperti olahraga juga bisa berperan. Tergantung pada seberapa intens aktivitas tersebut, kamu mungkin perlu makan sedikit lebih banyak untuk mengisi bahan bakar dengan benar.

2. Kamu kurang tidur

Kurang tidur bisa membuat hormon pengatur nafsu makan ghrelin dan leptin tidak seimbang, yang membuatmu sangat lapar dan mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi, bahkan pada jam-jam tertentu.

 

3. Kamu sedang stres

Kadang bukan lapar fisik yang membuatmu terbangun di tengah tidur, itu mungkin respon tubuh terhadap periode stres. Setelah bangun, kamu mungkin beralih ke makanan untuk menenangkan diri.

Tidak ada salahnya makan saat stres, namun pastikan kamu menemukan akar penyebab rasa stres tersebut. Membiarkan stres yang tidak terkendali bisa lebih merusak kesehatan.

4. Kamu mengalami sindrom makan malam

Mereka yang mengidap sindrom makan malam mengonsumsi sebagian besar kalori harian setelah makan malam, mungkin menghadapi masalah suasana hati yang memburuk di malam hari, mengalami kesulitan untuk tidur, dan percaya bahwa mereka harus makan sesuatu dengan teratur untuk kembali tidur di malam hari. Bicaralah dengan dokter atau ahli kesehatan mental jika kamu merasa mungkin menderita sindrom ini.

Saksikan video menarik berikut ini

#Elevate Women

Loading