Sukses

Lifestyle

Sungguh Istimewa, Ini 4 Keutamaan Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa. Bagi umat Islam, bulan Ramadan menjadi bulan yang senantiasa dinantikan dan dirindukan. Pada bulan yang suci ini, setiap ibadah yang kita lakukan mendapat ganjaran pahala yang berlipat ganda. Bahkan bulan Ramadan memiliki sejumlah keutamaan tersendiri.

Setidaknya ada empat keutamaan bulan Ramadan. Mengutip Ramadhan Bersama Nabi: Panduan Puasa, Shalat Tarawih, Lailatul Qadar, I’tikaf, dan Dzikir Ramadhan, keutamaan bulan Ramadan meliputi hal-hal ini. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Bulan Ramadan adalah Bulan Diturunkannya Al-Quran

Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Baqarah ayat 185, "(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu berada (di negeri tempat tinggalnya) pada bulan tersebut maka hendaklah ia berpuasa saat itu.”

2. Pada Bulan Ramadan, Pintu-Pintu Surga Dibuka

Pada bulan Ramadan, setan-setan dibelenggu. Pintu-pintu neraka pun ditutup. Serta, pintu-pintu surga dibuka. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, ”Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.”

3. Pada Bulan Ramadan, Ada Malam Penuh Kemuliaan dan Keberkahan

Ada malam penuh kemuliaan yang lebih baik daripada seribu bulan. Itu adalah lailatu qadar. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Qadr: 1-3, ”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.”

Allah SWT juga berfirman dalam QS. Ad-Dukhan: 3, ”Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” Malam yang diberkahi yang dimaksud di sini tak lain adalah lailatul qadar.

4. Bulan Ramadan adalah Salah Satu Waktu Dikabulkannya Doa

Memperbanyak doa pada bulan Ramadan bisa menghadirkan keutamaan tersendiri. Setiap hari yang kita habiskan pada bulan Ramadan bisa memberi banyak kebaikan.

Jabir bin ‘Abdillah; Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan apabila setiap muslim memanjatkan doa maka pasti dikabulkan.”

Itu tadi empat keutamaan bulan Ramadan yang sangat istimewa yang perlu kita pahami. Semoga pada bulan suci kali ini, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik serta lebih beriman dan bertakwa.

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Pilihan Menu Sehat untuk Tingkatkan Imun Tubuh Selama Libur Lebaran
Artikel Selanjutnya
Sebagai Hari Kemenangan, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Idul Fitri