Sukses

Lifestyle

Diary Fimela: Citra Ovani Mengadu Nasib di Jakarta yang Kini Sukses Menjadi CEO

Fimela.com, Jakarta Merantau ke Jakarta memang hal yang lumrah dilakukan, entah untuk mengejar pendidikan atau meniti karier di ibu kota. Sebagai perantau bukanlah hal mudah, perlu adaptasi, belum lagi masalah perekomonian. Meninggalkan zona nyaman demi mewujudkan impian dan cita-cita pun dilakukan Citra Ovani yang kini telah menjadi CEO & Founder HuntHire.

Sebelum menjadi seperti saat ini, Citra pun datang ke Jakarta dari Sumatra Utara untuk bekerja di media sesuai dengan impiannya. Namun nasib berkata lain, Citra justru memilih menjadi pekerja kantoran di salah satu perusahaan recruitment. 

“Saya dari Medan, itu pun dari desanya. Tapi punya cita-cita ke Jakarta untuk tujuan bekerja di media, karena memang sekolah juga di digital media. Jadi aku pikir harus bekerja di situ. Saat itu tahun 2010 daftar ke media tapi ngga ada yang cocok, terutama soal penghasilan. Karena saya harus bayar kost, kalau dihitung-hitung tidak cukup,” ujar Citra kepada Fimela.com melalui acara virtual Bukalapak “Jadi Pribadi yang Asertif & Hadapi Tantangan Dalam Membangun Karir”

“Akhirnya saya ambilah the opprtunites sebagai recruiter di salah satu company karena salary yang ditawarkan saat itu bisa bayar uang kost, itu doang sebenernya yang dipikirkan. Terus saya pikir jalanin jadi recruiter, nanti ada peluang balik lagi ke media. Tapi pas memulai saya jadi suka sama recruitment, cuma waktu itu tidak kepikiran kalo akan bikin recruitment agency sendiri. Hanya pernah berpikir one day I want to run my own business, supaya bisa jadi berkat buat banyak orang,” tambahnya. 

Namun, setelah kurang lebih delapan tahun berkarir dari tahun 2010. Citra memutuskan pindah perusahaan di tahun 2018. Sayangnya, tidak sampai satu bulan ia memilih resign karena tidak sesuai dengan dirinya.

Long story short setelah delapan tahun bekerja, akhirnya pindah ke satu company yang ternyata tidak cocok satu sama lain. Dan waktu itu berpikirnya gini, kenapa saya harus membuang waktu di tempat yang tidak membuat nyaman. Setiap ke kantor ada perasaan tidak semangat, jadi tidak mau waktuku lewat begitu saja. Jadi sebaiknya resign, jadi waktu itu bahkan aku belum sebulan kerja di company itu,” ungkapnya.

Mulai membangun HuntHire

Saat resign, Citra sama sekali tidak memiliki plan B atau tidak ada planning sama sekali untuk memulai babak baru dalam hidupnya. Ia mengatakan ingin bisnis namun tidak ada modal.

 “I don’t have any plan, dan nggak tau caranya memulai bisnis, atau bahkan menjalankan sebuah bisnis,” paparnya.

Namun, dari pengalamannya di bidang recruitment. Citra mulai berfikir untuk memulai bisnis di bidang yang ia kuasai tersebut.

“Tapi setelah resign walau belum punya plan, saya harus tegas juga sama diri sendiri, tidak bisa jadi istri rumah tangga saja, I have to do something else. Nah pilihannya ada dua, Should I go back to the profesional ini artinya aku harus apply lamaran lagi dari 0 dan biasanya kalo diposisi saya itu kalo sudah tidak kerja, udah jadi pertanyaan kenapa di sana hanya satu bulan? Kenapa ini dan kenapa itu? Atau pilihan lainnya ialah membangun bisnis recruitment bussines,” ujarnya.

Nah setelah menjatuhkan pilihan untuk berbisnis, Citra mulai mengambil langkah selanjutnya. Hal pertama menentukan goals pribadi, lalu mencari mentor agar memiliki gambaran bisnis apa yang akan dijalani, hingga mencari investor. 

“Saya mencari mentor, ikut ke kelas-kelas seminar untuk improving my knowledge. Sembari saya merencanakan bisnis si recruitment ini kaya apa diguide sama mentor, dan tidak ada modal tapi ternyata ada yang namanya investor. Jadi yang dilakukan adalah saya pitching ke investor,” paparnya.

Setelah menjalani itu semua, dalam waktu enam bulan Citra menemukan investor yang tertarik dengan bisnisnya. “Dari situ saya berfikir, pertama kita harus mengenali diri kita sendiri, apa yg kita mau, kekurangan dan kelebihan kita apa, dari situ set goals dan timeline, yang terakhir harus assertive terhadap diri sendiri, harus fight for what we want, jangan pernah mundur. Di case saya , saya berjuang banget interview sana sini untuk ketemu investor yang cocok,” ujarnya.

Di tahun 2018, akhirnya Citra meluncurkan HuntHire sebuah recruitment agency untuk execuitive level.  “HuntHire fokus di executive level jadi yang kami handle itu yang udah punya experience biasanya 3 tahun ke atas,  sebagai recruitment agency, bekerja on behalf of our clients untuk mencari kandidat yang sesuai dengan requirement yg dibutuhkan,” paparnya.

“Di 2019, hanya dalam satu tahun HuntHire punya 15 consultant, mencari kandidat yang sesuai dengan requirement yg dibutuhkan, lumayan progressive yah. Dengan Progres yang sangat positif ini kami berharap kami memberikan impact yang juga positif terhadap bisinis client kami dan kepada seluruh kandidat yang berada di dalam network ekosistem kami,” tutup Citra.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading