Sukses

Lifestyle

Sambut Bulan Ramadan, Facebook Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan Lewat Kampanye Bulan Kebaikan

Fimela.com, Jakarta Menyambut bulan suci Ramadan, Facebook dan keluarga aplikasinya mengajak masyarakat Indonesia untuk bergabung dengan komunitas global dalam kampanye Ramadhan online, #BulanKebaikan. Melalui kampanye ini, Facebook akan menghadirkan serangkaian program berbagi kebaikan sepanjang bulan Ramadan.

Pieter Lydian, selaku Country Director untuk Facebook di Indonesia mengungkapkan, kampanye #BulanKebaikan bertujuan memberikan lebih banyak cara dan ide pada masyarakat untuk melakukan kebaikan dan berkontribusi kembali ke komunitas mereka melalui aplikasi Facebook, Instagram dan Whatsapp.

“Pada kampanye ini, kami juga akan mengangkat kisah dan inspirasi dari figur-figur yang telah menciptakan dampak positif di komunitas dan menghadirkan serangkaian fitur agar orang-orang dapat mengekspresikan aksi kebaikan mereka serta terhubung dengan teman dan keluarga di bulan yang suci ini,” kata Pieter dalam konfrensi virtual, Kamis (8/04/2021).

Program-program #BulanKebaikan

Terdapat tiga program khusus yang diselenggarakan Facebook selama bulan Ramadan, yakni jelajahi kebaikan, menginspirasi kebaikan, dan mengekspresikan kebaikan, melalui beberapa kegiatan berikut ini.

1. Kebaikan Beruntun (Pay-it-Forward)

Perbuatan baik sekecil apapun akan memberikan dampak yang besar bagi orang lain. Ramadan tahun ini, Facebook, Instagram, dan WhatsApp berharap dapat memulai rangkaian kebaikan beruntun yang dapat menginspirasi orang-orang untuk berbuat kebaikan dan mengajak orang lain untuk berbuat kebaikan juga.

Beberapa ide menarik telah disiapkan untuk memulai rangkaian kebaikan beruntun ini. “Mulai dari membeli makanan dengan porsi yang lebih banyak agar dapat kita bagikan kepada kurir pengantar makanannya, hingga, membangun silaturahmi kembali dengan teman yang sudah lama tidak bertemu. Ide-ide #BulanKebaikan yang kami bagikan ini sangat mudah dan menyenangkan untuk dilakukan bersama teman dan keluarga.” kata Pieter.

2. Panduan UKM untuk ‘Siap Sambut Ramadan’

Selama bulan Ramadan ini, orang-orang memanfaatkan teknologi untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga. Karena pandemi, semakin banyak orang yang saling berinteraksi dengan perangkat mobile mereka sebagai alternatif yang lebih aman untuk melakukan kegiatan selama Ramadan, seperti beribadah dan berbelanja.

Dengan kegiatan berbelanja yang diprediksi akan lebih banyak terjadi di platform online, Facebook meluncurkan panduan praktis untuk membantu usaha kecil dan menengah bersiap menyambut Ramadan dan Idul Fitri di seluruh aplikasi Facebook.

 

 

3. Ramabar

Facebook berkomitmen untuk menyebarkan inspirasi kebaikan dengan cara melakukan kolaborasi bersama kreator dan komunitas untuk menginspiasi orang lain. Dalam hal ini, Facebook akan bekerja sama dengan streamer gamers resmi Facebook.

Para streamer akan berkumpul secara virtual selama tiga kali dalam seminggu, menjelang waktu buka puasa dan mengadakan sesi siaran langsung sambil berbagi cerita tentang Ramadan yang menginspirasi mereka.

Beberapa pemuka agama juga turut hadir untukmemberikan kuliah tujuh menit atau kultum dan berdiskusi tentang topik Ramadan yang dekat dengan komunitas Gaming, seperti Puasa Tetap Ceriwis, Puasa Sambil Ngegame, dan lain-lain.

4. #NgabuburitdiInstagram

Kegiatan ini berupa serial Instagram live selama 30 menit yang akan berjalan setiap hari Sabtu selama bulan Ramadan. Sesi siaran langsung ini menghadirkan beberapa kreator konten yang akan berbincang selama 30 menit di waktu ngabuburit dengan topik seputar Ramadan dan berbagi inspirasi tentang aksi kebaikan yang mereka lakukan.

Beberapa kreator konten yang akan dihadirkan adalah Prilly Latuconsina, Ersa Mayori, Meisya Siregar, Nagita Slavina dan masih banyak lagi yang bersedia untuk memulai rangkain kebaikan di bulan Ramadan kali ini.

5. Pasar JuWAra

Kudapan Ramadan merupakan hal yang sangat disukai dan dicari oleh orang-orang selama bulan suci ini, dan pasar tradisional merupakan salah satu tempat yang mereka tuju untuk membelinya atau mendapatkan bahan-bahan untuk membuatnya.

Ramadan kali ini, WhatsApp, berkolaborasi dengan influencer terkemuka, seperti Alyssa Subandono, mengajak orang-orang untuk terus berbelanja di pasar tradisional sambil tetap menjaga jarak dengan menggunakan WhatsApp.

Bermitra dengan UKM Indonesia, WhatsApp akan memberdayakan lebih dari 1000 pedagang pasar tradisional di 22 kota di 15 provinsi agar siap menyambut Ramadan dan Idul Fitri melalui pelatihan WhatsApp Business untuk membantu mereka tetap lancar berkomunikasi dengan pelanggannya.

6. Buka Puasa Ramadan Tanpa Batas

Beberapa koki dan vlogger makanan dari Indonesia dan beberapa negara di Asia Pasifik dan Turki, seperti Tastemade Indonesia (Indonesia), Hobby Makan (Indonesia), Eric Herjanto (Pemenang Masterchef Indonesia), Masala TV (Pakistan), Chef Wardah (Pakistan) dan Nefis Yemek Tarifleri (Turki) akan saling berbagi dan bertukar resep makanan Ramadan khas mereka dengan tujuan memberikan inspirasi menu buka puasa yang unik dan lezat melalui akun atau halaman mereka di Facebook.

 

*Penulis: Hilda Irach

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Ide Hampers Isi Beragam Kue Lezat untuk Idul Fitri
Artikel Selanjutnya
4 Manfaat Mengonsumsi Madu saat Berbuka dan Sahur di Bulan Ramadan