Sukses

Lifestyle

Lelah dengan Tetangga yang Suka Nyinyir? Beginilah Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Dirimu tidak bisa memilih akan tinggal atau bertetangga dengan siapa dan terkadang memang selalu ada saja orang yang usil dan nyinyir dengan kehidupan pribadimu. Mereka mungkin tidak melakukan kekerasan, namun perkataan atau pertanyaan mereka terhadap hal-hal pribadimu terkadang bisa sangat menyebalkan.

Tetangga yang suka nyinyir atau usil biasanya dikarenakan karena belum saling mengenal, merasa iri, atau memang karena dia adalah orang yang suka mengurusi hidup orang lain.

Agar terhindar dari tetangga yang suka nyinyir, berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi mereka. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Instal Sistem Keamanan yang Baik dan Beri Tahu Orang Lain Tentang Itu

Jika dirimu memiliki tetangga yang usil atau mengganggu, maka kamu harus memilik sistem keamanan yang baik. Keamanan rumah adalah masalah yang sangat penting dan harus menjadi tempat yang paling aman.

Meskipun tetanggamu tidak mungkin melakukan pembobolan di rumahmu, tetapi dengan memasang sistem keamanan yang baik akan membuat mereka seolah mendapat ‘peringatan’ agar tidak melakukan tindakan di luar batas.

Gunakan Tirai yang Melindungi Rumah

Cara lain untuk menghadapi tetangga yang usil adalah dengan membeli tirai yang bagus. Membiarkan semua cahaya alami masuk ke dalam rumah bisa membuat bagian dalam rumah terbuka untuk konsumsi publik, khususnya jika memiliki tetangga yang suka mengurusi hidup orang lain.

Dirimu bisa membeli gorden yang cukup buram untuk menyembunyikan kehidupan pribadimu dari orang-orang sekitar.

Menanam Tanaman Pagar

Jika dirimu tidak suka jika tirai ditutup karena terasa terlalu sempit, sesak, atau seperti penjara. Dirimu dapat mencoba cara lain, yakni dengan menanam tanaman pagar atau semak yang dapat melindungi dan menyembunyikan kehidupan pribadimu di dalam rumah. Selain itu, menanam tanaman hijau bisa menambah keasrian di lingkungan rumahmu.

Berbicara dengan Mereka

Terkadang kita memikirkan hal-hal tentang orang lain yang ternyata tidak benar. Merasa seolah-olah tetangga di seberang jalan sangat usil dan ternyata mereka kesepian atau sebenarnya mereka tidak memata-matai siapa pun. Ada begitu banyak kemungkinan dan kemungkinan penjelasan yang berbeda untuk perilaku manusia sepanjang waktu.

Alih-alih memikirkan yang terburuk dari tetangga, selalu dapat berbicara dengan mereka tentang apa pun mungkin akan membuat hubungan menjadi  baik. Dengan begitu, perasaan cemas atau curiga pun akan hilang.

Tutup Pertanyaan Mereka

Jika mememiliki tetangga yang suka usil dengan pertanyaan-pertanyaan menyebalkan untuk masalah-masalah pribadimu, maka cukup mengabaikannya. Sebagai permulaan dirimu cukup mengucapkan ‘selamat tinggal’ dan pergi sebelum mereka memiliki kesempatan untuk berbicara lebih jauh.

Pilihan lainnya, adalah dengan mengembalikan pertanyaan mereka. Berikanlah jawaban-jawaban yang tidak jelas atas pertanyaan mereka, kemudian tanyakan sesuatu yang sejalan dengan peratanyaannya. Mungkin hal ini akan membuat mereka jera dan tak akan usil lagi.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi tetangga yang usil dan suka nyinyir. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Loading