Sukses

Lifestyle

Bolehkah Menggosok Gigi ketika Berpuasa? Ini Hal yang Perlu Dipahami

Fimela.com, Jakarta Dalam rutinitas sehari-hari, tiap kali mandi dan sebelum tidur malam, kita sangat dianjurkan untuk menggosok gigi. Menggosok gigi rutin sangatlah diperlukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, menggosok gigi juga sangat perlu untuk mencegah bau mulut tak sedap.

Saat sedang berpuasa, biasanya kita khawatir dengan bau mulut yang tak sedap. Tapi kadang masih ragu-ragu untuk menggosok gigi karena khawatir membatalkan puasa. Hm, sebenarnya menggosok gigi ketika berpuasa itu boleh tidak, ya?

Menggosok Gigi tanpa Memasukkan Air Secara Berlebihan

Dalam Ramadhan Bersama Nabi: Panduan Puasa, Shalat Tarawih, Lailatul Qadar, I’tikaf, dan Dzikir Ramadhan ada penjelasan tentang bersiwak ketika berpuasa. Dijelaskan bahwa dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Seandainya tidak memberatkan umatku niscaya akan kuperintahkan mereka untuk menyikat gigi (bersiwak) setiap kali berwudhu.”

Lalu, dipaparkan bahwa penulis Tuhfatul Ahwadzi mengatakan, “Hadits-hadits yang semakna dengan di atas yang membicarakan keutamaan bersiwak adalah hadits mutlak yang menunjukkan bahwa siwak dibolehkan setiap saat. Inilah pendapat yang lebih tepat.”

Boleh saja menggosok gigi saat berpuasa, tapi perlu diperhatikan agar dalam berkumur dan memasukkan air ke dalam hidup tidak berlebihan. Rasulullah SAW bersabda, "Bersungguh-sungguhlah dalam beri-stinsyaq (memasukkan air dalam hidung) kecuali jika engkau berpuasa.”

Ibnu Taimiyyah menjelaskan, “Adapun berkumur-kumur dan ber-istinsyaq (memasukkan air dalam hidung) dibolehkan bagi orang yang berpuasa dan hal ini disepakati oleh para ulama. Nabi Muhammad SAW dan para sahabat juga berkumur-kumur dan ber-istinsyaq ketika berpuasa. ... Akan tetapi, dilarang untuk berlebih-lebihan ketika itu.”

Intinya adalah tidak boleh sampai berlebihan ketika menggosok gigi, khususnya dalam berkumur-kumur atau memasukkan air ke dalam mulut. Setelah sahur (sebelum imsyak), kita bisa menggosok gigi sampai bersih. Lalu, setelah mandi pagi, jika merasa ingin memastikan gigi dan mulut lebih bersih, kita bisa kembali menggosok gigi secukupnya. 

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
Hamil, 5 Artis Ini Tetap Semangat Jalani Puasa Ramadan
Artikel Selanjutnya
Sempurnakan Tampilan Idul Fitri dengan Alas Kaki yang Didesain Effortless Aesthetic