Sukses

Lifestyle

Melihat Kembali Pengabdian Pangeran Philip Kepada Ratu Elizabeth II

Fimela.com, Jakarta Pangeran Philip, suami dari sang Ratu Elizabeth II telah meninggal pada usia 99 tahun. Ia telah menemani Ratu selama 70 tahun. Duke of Edinburgh setia menemani sang istri ketika menjalankan tugasnya sebagai orang berpengaruh di Inggris. Dan selalu menjadi suami, ayah, dan kakek yang hangat kepada keluarganya.

Namun, di usia 96 tahun Pangeran Philip memutuskan beristirahat untuk tidak terlihat di depan publik. Keputusannya tersebut pun didukung oleh sang istri. Mari kita lihat kembali beberapa tahun lalu disaat Philip menemani sang ratu, melansir HelloMagazine. 

Sehari sebelum pengumuman tentang pengunduran diri Duke dibuat, Pangeran Philip berada di Lord's Cricket Ground.  Menunjukkan selera humor nakal, dia bercanda bahwa dia adalah "penyingkap plakat paling berpengalaman di dunia".

Philip adalah permaisuri terlama dari raja Inggris, dan dia melakukan 250 pertemuan setahun.  Pada tahun 2016, pemecah rekor kerajaan itu hadir sebagai pendukung kuat dari pihak raja saat ia mengambil bagian dalam perayaan ekstensif untuk ulang tahunnya yang ke-90.

Untuk menandai ulang tahun tonggak sejarah, pasangan itu merilis gambar yang merangkum kemitraan harmonis yang telah melihat mereka melalui banyak kegembiraan dan badai dalam hidup. Potret tersebut diambil oleh fotografer terkenal Annie Leibovitz. Ratu dan Pangeran Philip, duduk berdampingan di ruang tamu favorit di Kastil Windsor.

Kisah cinta mereka dimulai sejak November 1947, ketika Duke berjanji untuk mencintai dan menghormati pengantin perempuannya seperti pernikahan dongeng yang menusuk kesuraman pasca-perang Inggris, Philip selalu ada di belakang dan dengan teguh mendukung istrinya yang memiliki peran penting untuk negara Inggris.

Pada ulang tahun pernikahan emas mereka di tahun 1997, Ratu memuji pengabdiannya, dengan mengatakan: "Dia, secara sederhana, telah menjadi kekuatan saya dan bertahan selama ini,” ujar Ratu.

Usia tampaknya tidak mengurangi komitmennya.  Pada peringatan 70 tahun pendaratan D-Day pada tahun 2014, ia menemani sultan ke peringatan di Prancis.  Kemudian pada tahun 2015, ada kunjungan kenegaraan ke Jerman dan perjalanan ke Malta untuk pertemuan Commonwealth Heads of Government.

Pada salah satu upacara Trooping of the Color, yang merupakan parade ulang tahun resmi musim panas untuk raja, Philip sekali lagi, satu langkah di belakang Ratu seperti yang selama ini dia lakukan, dengan sikap yang sama yang dia pelajari selama bertahun-tahun bertugas di angkatan laut.

Dalam beberapa kesempatan penting ketika dia sedang tidak ada, ketidakhadirannya sangat terasa seolah-olah sebuah mahkota akan hilang.  Namun, ada hari-hari awal masa pacaran mereka, tidak ada yang bisa meramalkan bahwa pernikahan itu akan menjadi sukses.  

Kehidupan Pangeran Philip

Philip adalah seorang Pangeran tanpa kerajaan, setelah memasuki dunia sebagai Pangeran Philip dari Yunani pada tahun 1921 di pulau Corfu. Ayahnya adalah Pangeran Andrew dari Yunani, anak ketujuh dari Raja George I di negara itu, sedangkan ibunya Putri Alice dari Battenberg adalah cicit dari Ratu Victoria. 

Philip dan keempat kakak perempuannya mengalami masa kanak-kanak yang penuh gejolak yang dilanda trauma dan drama yang berasal dari pengasingan keluarga mereka dari Yunani pada tahun 1922. Putri Alice dilahirkan tuli dan menderita kesehatan mental yang buruk.  Dia berkomitmen pada klinik psikiatri di mana dia tinggal selama dua tahun ketika Philip berusia delapan tahun.

Ditambah dengan seorang ayah yang tidak dapat diandalkan Pada tahun 1937, keluarga tersebut mengalami pukulan lain ketika saudara perempuannya Cecile, suami dan dua putranya tewas dalam kecelakaan udara.  Meskipun awal yang sulit, Philip muncul dengan karakter yang kuat, ambisius dan tangguh. 

Ketampanannya, dipadukan dengan statusnya sebagai perwira angkatan laut muda yang gagah, membuat hati banyak perempuan berdebar-debar.  Tapi Putri Elizabeth muda Inggris-lah yang memberinya cinta dan suasana keluarga bahagia yang sangat dia butuhkan.

Kisah cinta berawal dengan ratu

Pada tahun 1939, ketika George VI mengunjungi Dartmouth Naval College bersama keluarganya, kerajaan Yunani diminta untuk mengajak Elizabeth yang berusia 13 tahun berkeliling.  Mereka tetap berhubungan setelah pertemuan, bertukar serangkaian surat yang menyentuh hati dan romantis selama Perang Dunia II saat Philip bertugas dengan angkatan laut Inggris di Samudra Hindia dan Mediterania.

Philip menjadi salah satu letnan pertama termuda di Angkatan Laut Kerajaan pada usia 21 tahun.  Dalam kapasitas ini dia adalah orang kedua dalam komando perusak HMS Wallace.  Selama cuti, dia sering melakukan perjalanan ke London untuk mengunjungi Elizabeth dan pengasuh Putri, Marion Crawford, mengingat bagaimana dia akan berteriak melalui halaman depan Istana Buckingham dengan mobil sport MG, "selalu terburu-buru untuk melihat Lilibet", sebagai  keluarganya memanggilnya.

Sekembalinya dari pertempuran ketika Elizabeth berusia 19 tahun, mereka secara resmi mulai berpacaran.  Meskipun dia telah membuktikan nilainya selama konflik, pahlawan perang tanpa rumah atau kekayaan bukanlah pilihan pendamping agung. 

Namun demikian, pada April 1947, Raja memberikan restunya untuk pernikahan kerajaan.  Pengantin pria menulis kepada ibu tercintanya, Ratu Elizabeth, tentang keberuntungannya.  "Saya yakin bahwa saya tidak pantas mendapatkan semua hal baik yang telah terjadi pada saya setelah terhindar dari perang dan melihat kemenangan. Untuk jatuh cinta sepenuhnya dan tanpa syarat."

Dalam surat lain kepada Ibu Suri, dia menulis: "Hargai Lilibet? Saya ingin tahu apakah kata itu cukup untuk mengungkapkan apa yang ada dalam diri saya.,” tulisnya.

Setelah pernikahan, Philip menjadi Yang Mulia Duke of Edinburgh.  Dia telah meninggalkan kewarganegaraan Yunaninya dan mengadopsi nama Mountbatten.  Ini diambil dari kakek nenek dari pihak ibu, yang meskipun anggota keluarga kerajaan Jerman, telah mengadopsi kewarganegaraan Inggris dan menerjemahkan nama keluarga mereka Battenberg secara harfiah ke dalam bahasa Inggris.  

Elizabeth dan Philip kemudian memiliki empat anak;  Pangeran Charles, lahir pada tahun 1948, diikuti oleh Putri Anne pada tahun 1950, dan kemudian, setelah jeda sepuluh tahun, Pangeran Andrew dan akhirnya Pangeran Edward.Selain keluarganya, kegemaran Duke ada tiga,Seperti - lingkungan, kegiatan berkuda, dan kesejahteraan kaum muda. 

Mungkin kontribusi terbesarnya adalah Skema Penghargaan Duke of Edinburgh, yang dia luncurkan pada tahun 1956 untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak muda untuk penemuan pribadi dan profesional.  Skema ini kemudian menjadi salah satu program pemuda paling sukses di dunia, dengan lebih dari enam juta pemuda dan pemudi mendapatkan penghargaan tersebut. 

Dia juga memberikan dukungannya kepada Dana Margasatwa Dunia untuk Alam, dan dalam perannya sebagai presiden dari 1961 hingga 1982, berkeliling dunia untuk mempromosikan tujuannya. Pangeran Philip unggul dalam peran resminya sebagai permaisuri Yang Mulia justru karena dia tahu bahwa di balik pintu tertutup, dia memiliki peran tradisional sebagai kepala keluarga mereka. 

Dan salah satu alasan cinta mereka bertahan dalam ujian waktu adalah kemampuan mereka untuk tertawa bersama suaminya bisa memancing kegembiraan yang tulus dan tanpa malu dari raja.

Dia adalah batu karang keluarganya.  Pangeran William dan Harry sangat menghargai nasihat dan dukungannya.  Ketika William menyuarakan keraguan tentang berjalan di belakang peti mati ibunya Putri Diana pada tahun 1997, kakeknya yang membantu meyakinkannya.  Philip, yang sangat akrab dengan kehilangan, menawarkan diri untuk menemani anak muda yang berduka dalam perjalanan tersulit yang pernah dia lakukan.  "Jika saya berjalan, maukah kami berjalan dengan saya?"  Dia bertanya.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading