Sukses

Lifestyle

Tips Cermat Menyimpan Bahan Makanan Agar Tak Mudah Basi Selama Ramadan

Fimela.com, Jakarta Belanja makanan untuk Ramadan akan selalu menjadi tugas besar bagi individu dan rumah tangga. Beberapa makanan memiliki umur yang lebih pendek sehingga jika tidak dikonsumsi dengan cepat dapat rusak dan terbuang sia-sia. Selama Ramadan, kita cenderung membeli banyak produk makanan. Hal ini dapat menyebabkan pengeluaran berlebihan dan salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan membatasi pemborosan.

Di bawah ini adalah tips yang akan membantu saat membuat daftar pembelian makanan selama Ramadan dan cara mengawetkannya.

1. Buah dan Sayuran

Buah dan sayur sebaiknya lebih sering dikonsumsi selama Ramadan. Makanan tersebut berperan penting dalam pola makan individu yang secara langsung berkaitan dengan tujuan Ramadan. Ini mungkin dalam bentuk apa pun, misalnya buah-buahan kering, beku, dan lainnya.

Cara untuk mengawetkannya yakni, biarkan buah dan sayuran di suhu ruangan selama beberapa waktu. Karena ini akan memperpanjang waktu kesegaran dan kemudian masukkan ke dalam lemari es. Simpan kurma di lemari es dan buah kering lainnya bisa disimpan di toples.

2. Daging

Idealnya seseorang harus membeli daging setiap minggu. Buat perkiraan jumlah daging yang akan digunakan setiap minggu. Ini akan membantu melacak keuanganmu sehingga tidak berlebihan. Hindari membeli daging yang bisa bertahan lebih dari seminggu di lemari es. Cara untuk mengawetkannya adalah dengan masak daging terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam freezer.

Roti

Belilah roti dalam jumlah yang wajar yang mungkin dibutuhkan. Seringkali konsumsi roti berkurang selama Ramadan karena sebagian besar keluarga akan menyiapkan makanan lengkap dan mungkin jarang mengonsumsi sandwich.

4. Telur

Membeli telur dalam jumlah banyak selalu bisa menjadi masalah. Menyimpan telur di lemari es dengan porositas kulit telur dapat menyebabkan telur memberikan aroma tidak sedap dalam lemari es. Simpan telur di dalam karton dan letakkan di lemari dapur.

Pertimbangkan tanggal kadaluwarsa produk yang dibeli. Juga dikatakan bahwa selama Ramadan, selalu terjadi kekurangan produk makanan atau kenaikan harga. Jadi agar memiliki anggaran terbatas, belilah produk makanan sebelum Ramadan.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading