Sukses

Lifestyle

Tips Agar Tidak Gampang Sakit saat Puasa

Fimela.com, Jakarta Saat berpuasa tak jarang beberapa orang mengalami masalah kesehatan yang membuat tubuhnya tidak fit sehingga puasanya menjadi terganggu. Banyak hal yang menyebabkan masalah kesehatan saat puasa, misalnya nutrisi makanan yang tidak terpenuhi, pola makan yang salah, waktu tidur yang kurang dan lain sebagainya.

Dan untuk mencegah masalah kesehatan pada saat puasa, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan.

Berikut adalah beberapa tips agar tetap sehat saat menjalankan puasa Ramadan. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Makan Secukupnya

Secara umum, puasa melibatkan penghilangan sebagian atau semua makanan dan minuman untuk jangka waktu tertentu. Beberapa pola makan seperti mengonsumsi sekitar 25 persen dari kebutuhan kalori dalam sehari sangat membantu.

Yang terpenting saat puasa ialah memerhatikan kecukupan nutrisi yang terkandung dalam makanan. Jumlah makanan yang cukup dengan nutrisi yang seimbang jauh lebih baik daripada mengonsumsi makanan dalam jumlah besar tetapi tidak memerhatikan nutrisinya.

Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Dehidrasi ringan dapat menyebabkan kelelahan, mulut kering, haus, dan sakit kepala - jadi sangat penting untuk minum cukup cairan saat berpuasa. Sebagian besar pakar kesehatan merekomendasikan 8 gelas air sehari (total di bawah 2 liter) agar tubuh tetap terhidrasi. Jika pada saat puasa hal ini bisa dengan cara, meminum 2 gelas saat buka puasa, 2 gelas setelah buka puasa, 2 gelas saat hendak tidur dan dua gelas pada saat sahur.

Jalan-jalan atau Bermeditasi

Menghindari makan di hari-hari puasa bisa jadi sulit, terutama jika merasa bosan dan lapar. Salah satu cara untuk menghindari berbuka puasa secara tidak sengaja adalah dengan tetap sibuk. Lakukanlah kegiatan yang dapat mengalihkan perhatian dari rasa lapar, tetapi tidak menghabiskan terlalu banyak energi, termasuk berjalan kaki dan bermeditasi.

Jangan Makan Secara Berlebihan

Pembatasan makan selama puasa menyebabkan orang sering kalap saat buka puasa dan mengonsumsi makanan secara berlebihan. Sebaiknya hindari hal seperti karena tidak sehat bagi tubuh, terutama bagi pencernaan.

Makanan yang dikonsumsi banyak dalam satu waktu bisa membuat makanan akan diproses dengan lama, sehingga menyebabkan masalah lainnya, seperti sembelit, kembung, mual dan sebagainya.

Mengonsumsi Suplemen

Puasa dalam jangka panjang bisa mmebuat tubuh kekurangan nutrisi tertentu. Ini karena makan lebih sedikit kalori secara teratur membuat lebih sulit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, sehingga cenderung kekurangan sejumlah nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, dan vitamin B12. Karena itu, mpertimbangkan untuk mengonsumsi multivitamin akan membantu mencegah defisiensi.

Demikianlah ulasan megenai beberapa tips yang akan membantu menjaga kesehatan selama puasa. Semoga bermanfaat.

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading