Sukses

Lifestyle

Bukan Hanya Berpahala, Ini 5 Manfaat Sedekah di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan menjadi momen paling tepat berbagi kebaikan dengan sesama, salah satunya adalah bersedekah. Secara umum, berbuat baik akan mendatangkan pahala di Bulan Ramadan selama itu dilakukan dengan ketulusan dan keikhlasan.

Namun sedekah sebenarnya bukan hanya mendatangkan pahala namun juga memberikan berbagai macam manfaat kesehatan baik secara fisik maupun mental.

1. Mengingatkan untuk lebih bersyukur

Bersedekah secara alami juga akan mengingatkan siapa pun untuk bersyukur, baik yang memberi sedekah maupun yang menerima sedekah. Pemberi sedekah akan menyadari bahwa dirinya telah diberikan lebih banyak rezeki sehingga patut mensyukuri kecukupan harta dan kondisinya saat ini.

2. Memberi berkah pada rezeki dan keluarga

Bersedekah secara agama juga dikatakan dapat membersihkan harta sehingga mendatangkan berkah. Sebagaimana yang dicatatkan dalam firman Allah SWT, “Ambillah (sebagian) dari harta menjadi sedekah (zakat), supaya dengannya engkau membersihkan harta itu (dari dosa) dan mensucikan mereka (dari akhlak yang buruk)." (QS at-Taubah [9]: 103).

3. Membantu kehidupan orang lain

Sedekah materi entah dalam bentuk uang, sembako, baju dan lain sebagainya akan membantu meringankan beban ekonomi orang lain, sedangkan sedekah tenaga akan meringankan beban mereka juga dalam kehidupan sehari-hari, jadi tak ada alasan menunggu untuk bersedekah sesuai dengan kemampuan.

4. Menciptakan kebahagiaan di dalam diri

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang profesor University of Oregon dan timnya menemukan bahwa beramal atau bersedekah mampu menciptakan rasa bahagia karena otak melepaskan dopamin dan endorfin sehingga diri sendiri merasa lebih gembira. Penelitian dari Jerman juga menemukan bahwa ada rasa puas dan bangga terhadap diri sendiri karena dirimu tahu telah melakukan hal yang baik dan berguna untuk orang lain.

5. Menguatkan tali silaturahim

Berbagi dengan cara sedekah juga akan menguatkan ikatan sosial dengan sesama. Dirimu tidak pernah tahu seberapa besar kamu membutuhkan bantuan orang lain kelak. Dengan bersedekah, dirimu menambah keluarga, teman baru atau kerabat baru. Tidak menutup kemungkinan, mereka akan membantumu suatu saat. Kalaupun tidak, Tuhan tidak pernah menutup mata bagi mereka yang ikhlas bersedekah.

Jadi, selagi masih diberi rezeki dan masih ada waktu selama Ramadan, yuk bersedekah dan memberi kebaikan untuk diri sendiri, Sahabat Fimela!

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading