Sukses

Lifestyle

Selain Lebih Cerdas, Inilah Fakta Unik yang Hanya Dimiliki Anak Pertama

Fimela.com, Jakarta Banyak hal unik di dunia ini, termasuk tentang urutan kelahiran. Seperti yang dilansir pada laman Cafemon, urutan kelahiran menunjukkan sifat atau karakteristik yang berbeda-beda dalam setiap diri setiap orang. Contohnya, anak sulung, anak sulung ternyata memiliki beberapa keunikan yang tak dimiliki anak yang lahir berikutnya.

Berikut ini adalah beberapa fakta unik tentang anak sulung. Langsung saja simak ulasan di bawah ini.

1. Mereka terlahir untuk belajar

Anak sulung benar-benar dilahirkan untuk belajar, Para peneliti menemukan bahwa urutan kelahiran benar-benar memengaruhi tujuan hidup seorang anak. Anak tertua, menurut mereka, ingin "menguasai" atau "belajar", sedangkan anak kedua cenderung ingin "menang". Penelitian lain juga menunjukkan bahwa anak sulung (dan hanya anak-anak) cenderung memilih karier yang lebih berorientasi akademis dibandingkan dengan adik mereka.

2. Berisiko terkena diabetes

Sebuah studi di Selandia Baru dan diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism Endocrine Society menyatakan bahwa anak-anak yang lahir pertama kali memiliki kesulitan lebih besar untuk menyerap gula ke dalam tubuh dan tekanan darah siang hari yang lebih tinggi daripada anak-anak yang lahir belakangan dalam urutan kelahiran.

3. Mereka lebih kurus

Studi yang sama yang menemukan anak sulung berisiko terkena diabetes juga menemukan anak sulung cenderung lebih tinggi dan lebih ramping daripada adik mereka. Mengapa? Para ilmuwan mengira itu tergantung pada rahim ibu yang berubah setelah kehamilan pertamanya.

4. Mereka mendapatkan lebih banyak dari orangtua

Para peneliti juga menemukan anak tertua menerima 20 hingga 30 menit lebih banyak waktu berkualitas setiap hari dengan orangtua daripada anak kedua yang lahir dari keluarga yang sama. Studi lain di Brigham Young memiliki temuan serupa - mereka memperkirakan anak sulung mendapatkan sekitar 3.000 jam lebih banyak waktu berkualitas dengan orang tua mereka antara usia 4 dan 13 tahun daripada yang didapat saudara kandung berikutnya.

5. Mereka lebih pintar

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science, mengungkapkan tentang kesenjangan dua poin antara pria sulung dan pria yang lahir belakangan dalam urutan kelahiran. Menariknya, "saudara tertua" dalam keluarga cenderung berprestasi lebih baik dalam tes IQ dibanding adiknya.

6. Mereka cenderung bossy jika mereka perempuan

Para peneliti di Pusat Studi Anak California Selatan tidak hanya menemukan sifat bossiness lebih umum pada anak sulung, tetapi mereka juga menemukan hal itu didasarkan pada jenis kelamin, dengan anak perempuan tertua lebih cenderung mendominasi daripada anak laki-laki tertua.

Hal ini memang tidak bisa dijadikan sebagai acuan mutlak, karena itu kembali pada pola asuh orangtua, bagaimana lingkungan membentuk seseorang dan informasi di sekitar mereka.

#ElevateWomen

Loading