Sukses

Lifestyle

Mandiri Secara Finansial akan Membuat Perempuan Lebih Dihargai

Fimela.com, Jakarta Banyak sekali stereotip dan ketidakadilan yang dilekatkan pada perempuan, dianggap lemah, dibebankan pekerjaan domestik dan tak diberikan hak untuk menjalani kehidupan bebas dan sebagainya. Oleh, karena itu untuk menunjang kehidupan yang lebih bahagia, terlebih dalam suatu hubungan. Perempuan harus memiliki kemandirian finansial, karena selama ini hanya pria yang ditugaskan untuk memiliki pekerjaan dan gaji. Padahal perempuan juga bisa melakukan hal yang sama.

Nah, berikut ini adalah beberapa alasan yang mengharuskan perempuan memiliki kemandirian secacara finansial. Ini dia ulasannya.

Untuk mengatasi kenaikan biaya hidup

Untuk memiliki kehidupan yang layak, menyekolahkan anak ke sekolah yang bagus dan menjalani standar hidup di atas rata-rata saat ini mungkin menjadi agak sulit. Oleh karena itu, jika perempuan mandiri secara finansial, mereka tidak hanya dapat berkontribusi untuk pengeluaran sehari-hari dalam rumah tangga, tetapi juga membantu memenuhi tujuan keuangan keluarga.

Untuk meningkatkan moral diri perempuan

Orang yang mandiri secara finansial mampu mengambil keputusan sendiri dan tidak harus bergantung pada siapa pun. Ini meningkatkan harga diri perempuan dan membuat mereka lebih percaya diri untuk menghadapi segala jenis situasi dalam hidup. Selain itu, sebagai individu, banyak perempuan mungkin memiliki beberapa aspirasi dan impian, tetapi untuk pemenuhannya mereka harus bergantung pada orang tua atau pasangan mereka. Menjadi mandiri secara finansial, akan memungkinkan mereka untuk memenuhi keinginan mereka secara mandiri.

Agar berhenti merasa tidak berdaya

Fakta yang menyedihkan bahwa banyak perempuan di dunia menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga atau penindasan oleh anggota keluarga mereka. Namun, karena ketergantungan finansial, mereka terus mentolerir ketidakadilan dan kejahatan. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap perempuan untuk mandiri secara finansial sehingga mereka tidak pernah merasa tidak berdaya dalam hidup.

Menjadi panutan

Seorang perempuan yang mampu berdiri sendiri dan memiliki pendapat sendiri adalah panutan dan sumber inspirasi bagi perempuan lain di masyarakat. Dia memotivasi orang lain untuk berdiri tegak dengan bermartabat dan mengatakan tidak pada kekerasan. Apalagi anak-anak belajar dari apa yang mereka lihat. Jika anak-anak melihat bahwa ibunya mandiri secara finansial, mereka juga akan memahami nilai uang dan terinspirasi untuk menjadi mandiri dalam hidup saat mereka dewasa.

Untuk memberi manfaat bagi negara

Jika sebagian besar perempua di negara kita mulai menghasilkan, mereka akan menjadi konsumen dan mulai membelanjakan uang, sehingga meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) negara tersebut. Selain itu, pajak yang dibayarkan oleh mereka akan meningkatkan pendapatan Pemerintah dan dapat digunakan untuk kesejahteraan rakyat. Selain itu, peningkatan penduduk yang bekerja juga akan menyebabkan peningkatan uang yang disumbangkan untuk amal, sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat luas.

Pada dasarnya, perempuan yang mapan bukan untuk menyaingi pria atau untuk mendominasi mereka. Tetapi, memiliki penghasilan dan mapan secara finansial akan membuat perempuan menjadi lebih mandiri dn dihargai.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading