Sukses

Lifestyle

7 Tips Menghemat Uang dan Waktu saat Berbelanja Pakaian untuk Lebaran

Fimela.com, Jakarta Idul Fitri semakin dekat dan sebagian dari kita mungkin telah menyerbu beberapa toko pakaian untuk membeli baju baru. Meskipun waktu yang tepat untuk menghabiskan uang untuk berbelanja, namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menjelang Idul Fitri, tentang apa yang tidak perlu dilakukan, termasuk belanja berlebihan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantumu agar tetap hemat waktu dan uang menjelang hari Raya Idul Fitri.

1. Ketahui Kebutuhanmu

Sebelum belanja, pastikan mengetahui apa yang dirimu butuhkan sebelumnya. Lihatlah lemari pakaianmu buat daftar barang apa yang dirimu butuhkan. Jangan berbelanja sembarangan, itu adalah hal buruk yang dapat dirimu lakukan terhdap rekeningmu. Jika dirasa terdapat beberapa jenis pakaian yang dapat dikombinasi maka dirimu tak perlu membeli banyak baju.

2. Tetapkan Anggaran

Pastikan dirimu berpegang pada anggaran keuanganmu. Dirimu tidak ingin kehabisan banyak uang saat belanja dan tepat sebelum Idul Fitri. Tetapkan anggaran dan cobalah semaksimal mungkin untuk mematuhinya. Memang ini cukup menantang, tetapi jika dirimu sering melakukannya, dirimu dapat mengontrol kebiasaan berbelanja dan manbung untuk hal-hal lain juga.

3. Cobalah Barang yang Akan Dibeli

Jangan membeli apa pun tanpa mencobanya terlebih dahulu. Jangan pernah mengambil sesuatu dan pergi tanpa memastikan itu terlihat bagus untukmu dan ukurannya tepat. Ini akan menghindarkanmu dari rasa kecewa saat kembali ke toko lagi untuk menukarkannya.

4. Simpan Kuitansi

Selalu tanyakan tentang pengembalian uang dan kebijakan penukaran sebelum membeli dan simpan kuitansi di tempat yang aman ketika dirimu berubah pikiran tentang barang apa pun.

5. Periksa Pakaian Sebelum Membeli

Pastikan dirimu telah memeriksa pakaian dengan baik sebelum membeli. Pastikan pakaian tersebut tidak cacat, berlubang atau sobek sebelum membelinya.

6. Pastika Membeli Barang dengan Alasan yang Benar

Saat lebaran kita dipaksa untuk membeli baju baru walaupun tidak membutuhkan atau tidak menemukan yang kita suka. Jangan lakukan itu, beli barang karena dirimu membutuhkannya dan menyukainya, meskipun itu berarti hanya membeli sepotong baju.

7. Pilih Waktu Terbaik

Usahakan untuk memiliki waktu terbaik saat toko paling tidak ramai karena hal itu dapat memengaruhi dirimu untuk melakukan pembelian secara sembarang. Dirimu lebih cenderung terburu-buru mengambil keputusan dan membeli barang yang salah ketika toko penuh dengan orang.

Nah, berikut tadi adalah beberapa tips yang dapat dirimu lakukan untuk menghemat uang dan waktu saat berbelanja pakaian menjelang lebaran Idul Fitri. Jangan terlalu boros ya, Sahabat Fimela.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alternatif Hiburan Saat Kamu tidak Bisa Mudik Lebaran
Artikel Selanjutnya
4 Pilihan Menu Sehat untuk Tingkatkan Imun Tubuh Selama Libur Lebaran