Sukses

Lifestyle

Ini 3 Waktu Paling Tepat Memanjatkan Doa agar Cepat Terkabul

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan menjadi salah satu bulan paling istimewa dan mulia di antara semua bulan. Ramadan juga menjadi bulan seribu bulan yang penuh kemuliaan. Begitu mulianya, berdoa di bulan Ramadan dipercaya dapat lebih cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

Jika memang ada waktu-waktu tertentu di mana doa lebih efektif dikabulkan, maka sekian waktu inilah yang dipercaya doa akan lebih mudah diijabah, seperti dilansir dari liputan6.

1. Waktu sepertiga malam

Abu Hurairah radhiyallah'anhu mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Rabb kita, tabaraka wa ta'ala, turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir." Di saat manusia tidur dengan pulasnya, sepertiga malam menjadi lebih hening dan saat itulah suara doa lebih didengar. Manusia yang terbangun demi bisa berdoa dengan tulus di waktu semua orang terlelap akan lebih diijabah doanya.

2. Waktu sahur

Ibu Hajar dalam hadirnya juga meriwayatkan, "Doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan." (Fath Al-Bari, 3:32) Doa ketika sedang sahur juga dipercaya lebih mustajab diterima dan dikabulkan oleh Allah SWT, karena selain sedang menyiapkan makan sahur untuk menjalankan ibadah puasa, sahur juga masih masuk ke dalam waktu sepertiga malam.

3. Waktu menjalankan puasa

Dalam hadisnya, Abu Hurairah, ra. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Ada tiga orang yang doanya tidak akan ditolak. Orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil dan orang yang dizalimi." (HR. Ahmad) Itulah mengapa puasa menjadi kunci doa-doa manusia mendapatkan jawaban dari Allah SWT. Ketika berpuasa, manusia telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk serta merendahkan diri, di situlah doa akan lebih mustajab.

Apalagi ketika sudah memasuki 10 hari terakhir Ramadan, orang pasti akan lebih berlomba-lomba memanjatkan doa sehingga mudah dikabulkan. Yuk perkuat doamu di waktu-waktu tersebut agar mudah dikabulkan, Sahabat Fimela!

#ElevateWoman with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alternatif Hiburan Saat Kamu tidak Bisa Mudik Lebaran
Artikel Selanjutnya
4 Pilihan Menu Sehat untuk Tingkatkan Imun Tubuh Selama Libur Lebaran