Sukses

Lifestyle

5 Tanda Hubungan yang Sebenarnya Merenggut Kebahagiaanmu

Fimela.com, Jakarta Dalam menjalin sebuah hubungan, kita pastinya punya harapan dapat menjalin hubungan yang langgeng. Kita ingin hubungan bisa membawa kita ke arah yang lebih baik dan menghadirkan kebahagiaan. Hanya saja kadang atas nama cinta, kita jadi dibutakan oleh perasaan kita sendiri dan tak menyadari ada yang salah dalam sebuah hubungan.

Waspadai sejumlah pertanda yang mengarah pada hubungan yang tidak sehat. Jika tanda-tanda ini kamu rasakan dalam hubunganmu, ada baiknya untuk mengevaluasinya kembali. Tanda-tanda ini mengarah pada hubungan yang sebenarnya merusak kebahagiaanmu dan mungkin lebih baiknya diakhiri saja.

1. Ada Cemburu Berlebihan yang Disertai dengan Ancaman

Mungkin cemburu adalah tanda cinta. Namun, jika cemburu yang ada malah berlebihan tentu saja itu tidaklah sehat. Apalagi jika cemburu yang berlebihan disertai dengan ancaman, misalnya pasanganmu cemburu kamu menghabiskan waktu bersama sahabat-sahabatmu dan dia mengancam akan bunuh diri jika kamu masih menghabiskan waktu dengan mereka. Perlu segera pertimbangkan ulang apa perlu melanjutkan hubungan jika ada cemburu berlebihan seperti ini.

2. Ada Tindak Kekerasan dalam Hubungan

Kekerasan fisik atau kekerasan verbal sama-sama tidak bisa dibenarkan dalam sebuah hubungan. Meski sedang marah atau kesal, melakukan kekerasan bukanlah sebuah pembenaran. Sebelum hubungan makin mengarah ke arah yang tidak diinginkan, ada baiknya untuk mengakhiri hubungan yang dari awal sudah diwarnai oleh tindak kekerasan.

3. Tidak Ada Komunikasi Terbuka atau Diskusi Bersama

Komunikasi yang baik adalah kunci penting hubungan harmonis. Kalau dalam sebuah hubungan tidak ada komunikasi terbuka, maka akan sulit untuk membangun hubungan yang langgeng. Apalagi jika komunikasi yang terjadi malah timpang, pertengkaran dan konflik bisa makin sering terjadi. Misal, dalam setiap pengambilan keputusan tidak ada diskusi bersama, keharmonisan hubungan bisa makin luntur karena tidak ada lagi kebersamaan di dalamnya.

4. Ada Intimidasi dalam Hubungan

Hari-hari yang kamu habiskan bersamanya penuh dengan rasa tidak nyaman. Ada intimidasi hingga ancaman yang kamu alami. Setiap kali melakukan sesuatu, kamu merasa tidak nyaman karena penuh dengan tekanan. Sampai kapan kamu mau mengorbankan kebahagiaanmu karena adanya intimidasi seperti ini?

5. Tidak Ada Respek untuk Ruang dan Batasan Pribadi

Semua hal diatur olehnya. Kamu tak punya kebebasan untuk menentukan arah dan kegiatanmu. Tak ada lagi respek dan rasa saling menghargai. Bahkan untuk ruang dan batasan pribadi pun sama sekali tak ada. Semua jadi terasa penuh kekangan.

Apakah ada tanda-tanda di atas dalam hubunganmu? Jika iya, ini saat yang tepat untuk mulai mempertimbangkan kembali perlu tidaknya hubungan ini dilanjutkan. 

 

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Alasan Menyakitkan Seseorang Bertahan dalam Toxic Relationship
Artikel Selanjutnya
Hindari, 4 Kebiasaan Buruk Ini Tanda Disadari dapat Merusak Pernikahan