Sukses

Lifestyle

5 Alasan Hidup akan Lebih Mudah saat Bisa Mencintai Hal-Hal Sederhana

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kita merasa kebingungan dalam mencari cara untuk bahagia? Kita terus mencari kebahagiaan sampai-sampai kita sendiri merasa kewalahan. Bahkan kita menuntut orang lain atau keadaan untuk membuat kita bahagia, padahal seringkali kebahagiaan itu bisa diperoleh melalui hal-hal sederhana.

Hidup bisa lebih mudah saat kita mencintai hal-hal sederhana. Memang bisa jadi ini lebih mudah dikatakan daripada dicoba atau dipraktikkan langsung. Namun, tak ada salahnya untuk dicoba, khususnya bagi yang selama punya kecenderungan overthinking atau memikirkan hal-hal secara berlebihan. Belum terlambat untuk mulai mencintai hal-hal sederhana.

1. Mencintai Hal Sederhana Tak Butuh Banyak Teori Rumit

“You will never be happy if you continue to search for what happiness consists of. You will never live if you are looking for the meaning of life.”― Albert Camus

Hidup sudah rumit. Maka, sesekali kita perlu untuk mencoba menyederhanakannya dengan mencintai hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita. Mencintai orang-orang yang selama ini selalu ada di sekitar kita meski kadang mereka bikin kesal. Mencintai rutinitas yang ada saat ini meski kadang hal-hal yang monoton terasa membosankan. Sertai kembali mencintai diri sendiri meski memiliki banyak penyesalan di masa lalu.

2. Makin Banyak Bersyukur, Makin Tenang Hati Kita

“Happiness is not something ready made. It comes from your own actions.”― Dalai Lama XIV

Mencintai hal-hal sederhana akan menggiring kita untuk mensyukuri berbagai hal yang ada di sekitar kita. Hal ini pun kemudian akan membuat hati lebih tenang. Sebab kita bisa merasa cukup dengan semua yang kita punya, dan tak terlalu memaksakan diri untuk menambah beban yang tak perlu lagi.

3. Masalah dan Ujian Hidup akan Datang Silih Berganti

“They say a person needs just three things to be truly happy in this world: someone to love, something to do, and something to hope for.”― Tom Bodett

Masalah dan ujian hidup akan selalu menjadi bagian dari keseharian kita. Maka dari itu, kita perlu senantiasa menyeimbangkannya dengan menjaga kadar kebahagiaan kita. Cintai orang-orang yang tulus menyayangimu, kerjakan hal-hal yang bermakna untukmu, dan buat harapan-harapan baru yang lebih baik ke depannya, maka hidup akan terasa lebih layak untuk diperjuangkan. 

4. Tak Setiap Saat Ada Orang yang Bisa Membahagiakanmu

“Take responsibility of your own happiness, never put it in other people’s hands.”― Roy T. Bennett, The Light in the Heart

Hidup akan terasa makin rumit jika kita terus bergantung pada orang lain untuk membuat kita bahagia. Sebab kebahagiaan itu adalah tanggung jawab kita sendiri. Maka, untuk mendapatkan kebahagiaan itu, kita perlu memulainya dari cara yang menurut kita paling sederhana. Problematikan kehidupan sudah rumit, jadi tak perlu dipersulit dengan bergantung pada "belas kasihan" orang lain untuk membuat kita bahagia.

5. Fokus dengan Semua yang Ada Saat Ini Bisa Membuat Hati Tenang

“If you want to be happy, do not dwell in the past, do not worry about the future, focus on living fully in the present.”― Roy T. Bennett, The Light in the Heart

Saat kita mencintai hal-hal sederhana yang ada saat ini, kita tak dibuat terlalu tertekan dengan semua yang telah berlalu atau hal-hal yang mungkin akan terjadi ke depannya. Hidup jadi terasa lebih mudah sebab kita tak lagi menghabiskan terlalu banyak energi memikirkan masa lalu yang mengandung penyesalan atau masa depan yang penuh ketidakpastian. Kita fokus pada semua yang ada saat ini dan ini sudah cukup untuk membuat kita merasa tenang.

Jadi, bagaimana? Apakah kita sudah bisa mencintai hal-hal sederhana di sekitar kita? Semoga hidupmu senantiasa dalam kebahagiaan dan kenyamanan ya Sahabat Fimela.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading