Sukses

Lifestyle

Cara Membangun Personal Branding dan Menguasai Wawancara Kerja

Fimela.com, Jakarta Perempuan di usia awal 20an mengalami banyak tantangan. Mereka memasuki gerbang baru kehidupan dengan berbagai kesempatan dan pilihan yang menanti, seperti menemukan passion hingga mencari pekerjaan.

Untuk menghadapi tantangan tersebut, sahabat Fimela personal branding diperlukan untuk mendapatkan peluang yang diinginkan. Levina Purnamadewi, co-founder dari Menjadi Manusia, mengatakan pentingnya bagi seseorang untuk membentuk dan memperdalam personal branding.

Personal branding sendiri ialah bagaimana cara seseorang untuk memperkenal diri dengan kemampuan yang dimiliki. "Kenapa penting karena orang lain saat kenal belum tau skill kita bagaimana, makannya personal branding itu penting untuk memudahkan untuk menguatkan personal diri dan memperkenal diri kita untuk memudahkan mencari pekerjaan" ujar Levina dalam acara First Class by Colorfit Wardah, Minggu (23/5).

Levina mengatakan personal branding harus disesuikan dengan diri ketika sendiri, tidak boleh mengikuti tren atau orang lain. Karena jika kita mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri, akan mudah untuk memperkenalkan kepada dunia siapa diri kita.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membangun personal branding seperti, menetapkan tujuan yang ingin dicapai seperti ingin meningkatkan level karir. Lalu mengidentifikasi kelebihan yang kita miliki, setelah itu mendapatkan validasi eksternal dan internal, seperti jika eksternal bisa bertanya pada kerabat bagaimana diri kita.

Dan yang terakhir menjadi individu yang konsisten. Media dalam personal branding yaitu melalui perkataan, perbuatan, dan penampilan.

Penampilan dalam personal branding

Levina mengatakan penampilan merupakan hal penting yang tidak dapat dilewatkan, karena indera pertama yang bekerja saat bertemu seseorang adalah mata. Menggunakan pakaian dan riasan yang cantik merupakan salah satu langkah penting personal branding.

Colorfit dari Wardah dapat menjadi pilihan untuk make up yang memberikan impression dan personal branding yang bertahan lama. Produk complexion Colorfit terdiri dari Matte Foundation, Velvet Powder Foundation, dan Mattifying powder, ketiganya memiliki Skin Match Technology yang dapat menyatu sempurna dengan warna kulit natural masing masing pengguna.

Selain itu produk complexion Colorfit juga mengandung matte micropowder yang memberi kemampuan oil control hingga 12 jam. Untuk melengkapi look yang sempurna, gunakan Colorfit Last All Day Lip Paint dalam 12 warna yang transferproof dan long lasting hingga 12 jam.

Kuasai wawancara kerja

Levina memberikan informasi mengenai metode apa saja yang efektif untuk menyampaikan informasi tentang diri sendiri untuk mengusai wawancara kerja, 3 metode itu adalah melalui penampilan 70 persen, perkataan 10 persen, dan suara 20 persen.

"Jadi penampilan penting untuk penilaian baik untuk pertemuan pertama," ungkapnya.

Saat wawancara kerja yang disiapkan adalah informasi tentang diri kita sendiri, bagaimana kelebihan dan passion. Jadi penting untuk mengenali diri sendiri. Lalu informasi tentang perusahaan, bergerak di bidang apa, sedang membutuhkan posisi apa, dan segmen perusahaan kemana.

Dalam interview terdapat pertanyaan general dan pertanyaan unik, keduanya harus sama sama dikuasai dengan baik oleh peserta. "Pertanyaan harus dijawan jujur, tidak boleh bohong karena akan memengaruhi masa depan, mengetahui diri sendiri sampai akhirnya percaya diri untuk peluang yang lebih baik. Ceritakan pengalaman dalam organisasi atau perusahaan sebelumnya, kemampuan tim worok dan diri sendiri," ungkapnya.

Agar tidak kebingungan dalam menentukan salary, Levina menyarankan untuk mencari informasi mengenai salary guide di goole agar tidak over price atau terlalu rendah, selain itu cari tahu bagaimana keadaan perusahaan.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading