Sukses

Lifestyle

5 Cara Meningkatkan Hormon Bahagia dalam Tubuh

Fimela.com, Jakarta Hormon adalah bahan kimia yang diproduksi oleh berbagai kelenjar di seluruh tubuh. Mereka melakukan perjalanan melalui aliran darah, bertindak sebagai pembawa pesan dan berperan dalam banyak proses tubuh. Salah satu fungsi pentingnya ialah membantu mengatur suasana hati yang disebut sebagai ‘hormon bahagia.’ Hormon bahagia meliputi: dopamin, serotonin, oksitosin dan endorfin. Dan inilah cara untuk memaksimalkan hormon bahagia tersebut menurut Healthline.

1. Beraktivitas di luar ruangan

Ingin meningkatkan kadar endorfin dan serotonin? Menghabiskan waktu di luar ruangan, di bawah sinar matahari, adalah cara yang bagus untuk melakukan ini. Menurut penelitian tahun 2008, paparan sinar matahari dapat meningkatkan produksi serotonin dan endorfin. Mulailah dengan setidaknya 10 hingga 15 menit di luar setiap hari. Jika bosan dengan pemandangan lama yang sama, coba jelajahi lingkungan baru.

2. Luangkan waktu untuk berolahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan fisik. Ini juga dapat berdampak positif pada kesehatan emosional. Olahraga tidak hanya bekerja pada endorfin. Aktivitas fisik secara teratur juga dapat meningkatkan kadar dopamin dan serotonin yang menjadikannya pilihan yang bagus untuk meningkatkan hormon bahagia dalam tubuh.

3. Perbanyak tertawa

Ada pepatah yang mengatakan bahwa tertawa dalah obat terbaik. Tentu saja, tertawa tidak akan mengatasi masalah kesehatan yang sedang berlangsung. Tetapi dapat membantu meredakan perasaan cemas atau stres, dan memperbaiki suasana hati dengan meningkatkan kadar dopamin dan endorfin. Menurut sebuah studi kecil tahun 2017 yang mengamati 12 pria muda, tawa sosial memicu pelepasan endorfin dan oksitosin.

4. Memasak dan menikmati makanan favorit

Kenikmatan yang didapat dari makan sesuatu yang enak bisa melepaskan dopamin bersama dengan endorfin. Berbagi makanan dengan seseorang yang dicintai, dan siapkan makanan, dapat meningkatkan kadar oksitosin. Makanan tertentu juga dapat berdampak pada kadar hormon, jadi perhatikan hal-hal berikut saat merencanakan makanan untuk meningkatkan hormon bahagia, seperti makanan pedas, yogurt, almond, daging atau kimchi.

5. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik instrumental, terutama musik yang membuat merinding, dapat meningkatkan produksi dopamin.  Tetapi jika menikmati musik, mendengarkan musik apa saja yang disukai dapat membantu membuat suasana hati lebih baik. Perubahan positif dalam suasana hati ini dapat meningkatkan produksi serotonin. Menurut penelitian, membuat dan menampilkan musik dengan menari, menyanyi, atau bermain drum menyebabkan pelepasan endorfin.

Selain itu untuk meningkatkan hormon bahagia dalam tubuh juga bisa dengan cara mengonsumsi suplemen, mengonsumsi makanan yang sehat, melakukan olahraga memacu adrenalin, pergi berlibur dan meditasi.

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Makanan yang Jika Dikonsumsi Bisa Bikin Bahagia