Sukses

Lifestyle

Pentingnya Sterilisasi Barang dari Virus Usai Seharian Keluar Rumah

Fimela.com, Jakarta Kebiasaan membersihkan diri setelah seharian keluar rumah menjadi rutinitas wajib di masa pandemi. Hal ini bertujuan agar virus dan bakteri tidak menyebar di dalam rumah. Namun, sadarkah kamu bahwa barang-barang yang kamu bawa juga dapat terjangkiti virus dan bakteri?

Fakta ini menunjukkan bahwa pentinganya sterilisasi setiap barang yang kamu bawa sebelum masuk ke dalam rumah. Selain menggunakan produk disinfektan, kamu juga bisa menggunakan HygieneShield Cabinet dari Beko yang berfungsi sebagai UV Sterilization.

Hadir dengan desain yang ringkas, HygieneShield Cabinet bisa ditempatkan seluruh area rumah. Menurut hasil uji, HygieneShield Cabinet dapat membantu mensterilkan dan membunuh lebih dari 99% bakteri dan virus termasuk, Human coronavirus 229E yang tengahmewabah, juga Eschercia choli, Staphylococcus aureus yang mungkin menempel di berbagai objek dari luar maupun dalam rumah seperti smartphone, kunci mobil, dompet, hingga kemasan makanan.

"Kali ini, kami sangat antusias untuk memperkenalkan teknologi HygieneShield, yang hadir sebagai respon dari kebutuhan masyarakat pasca era pembatasan. Perdana, kami memperkenalkan kehadiran produk HygieneShield Cabinet, yang dapat membantu membunuh virus dan bakteri (termasuk Human coronavirus 229E) pada berbagai benda dalam 20-40 menit, tanpa merusak objek,” ungkap Ali Cagri Gonculer, Country General Manager Indonesia, PT Beko Appliances Indonesia.

 

Cara kerja HygieneShiled Cabinet

Beko mengembangkan teknologi cahaya UV yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus yang berbahaya. Teknologi ini disematkan pada HygieneShield Cabinet yang telah diakui oleh Kementerian Kesehatan Turki, Arcelik, serta Airmid Health Group.

Dengan kapasitas 28 liter yang besar memungkinkan proses sterilisasi dari beberapa benda dapat dilakukan sekaligus. Cukup dengan meletakkan berbagai objek ke dalam perangkat sesuai anjuran pemakaian.

dr. Mutiara Lirendra menyebut bahwa sejumlah penelitian menemukan bahwa sinar UV secara efektif dapat membantu membunuh bakteri dan virus yang menempel di berbagai objek. Mengingat penularan virus dapat terjadi secara langsung melalui droplet ataupun tidak lansgung melalui media perantara, seperti permukaan pada benda.

 

Pentingnya sterilisasi dari virus

Virus sendiri dapat bertahan di permukaan benda dalam jangka waktu tertentu, tergantung dari jenis permukaan, suhu, dan kelembapan benda tersebut.

"Penggunaan sinar UV khususnya UV-C sebagai desinfektan telah banyak digunakan untuk sterilisasi di rumah sakit, pesawat terbang, dan pabrik sejak beberapa tahun lalu. Perlu diingat, tidak seperti sinar UV-A dan UV-B, sinar UV-C tidak bisa kita dapatkan langsung dari matahari, karena radiasi UV-C sepenuhnya disaring oleh lapisan ozon," ungkap dr. Mutiara Lirendra.

Proses disinfektan menggunakan sinar UV-C teruji efektif membunuh beberapa jenis mikro organisme. Ketika mikro organisme termasuk bakteri dan virus terpapar sinar UV, struktur molekul RNA atau DNA akan rusak. Sehingga mikro organisme tidak lebih berbahaya. Untuk itu, memaparkan virus dengan sinar UV yang cukup penting dilakukan sebagai upaya preventif dari terjangkit virus berbahaya.

 

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading