Sukses

Lifestyle

5 Cara Membangun Kembali Kepercayaan setelah Diselingkuhi

Fimela.com, Jakarta Tak ada seorang pun yang ingin diselingkuhi, namun bagaimana jika itu terjadi? Jika pasangan tidak mengakui kesalahannya atau tak mau berubah, sebaiknya pergilah dari hubungan tersebut. Namun jika dirimu melihat bahwa hubungan tersebut masih bisa diperbaiki, berikut adalah cara membangun kembali kepercayaan setelah diselingkuhi.

1. Jujur dengan perasaan yang dirasakan

Saat mengetahui pasangan berselingkuh, dirimu mencoba untuk menahan emosi dan berharap akan ada jalan keluar. Meskipun dirimu tidak memaafkan untuk meneriaki pasangan sekuat tenaga, penting bagi pasangan untuk mengetahui apa yang dirasakan. Jadi jangan takut untuk menangis, marah dan menceritakan rasa sakit yang dirasakan pasangan.

Jangan menghindar dari masalah

Satu hal yang bahkan lebih buruk daripada menahan emosi adalah mengabaikan masalah sepenuhnya. Jika dirimu melakukan ini, akan selalu ada masalah dalam hubungan dan dirimu tak akan pernah bisa membangun kembali kepercayaan. Dan tidak akan pernah menemukan bagaimana solusi dalam hubunganmu.

3. Jangan saling menyalahkan

Dalam kondisi hubungan yang tak stabil tentu akan mudah sekali untuk mengeluarkan emosi dan saling menyelahkan. Namun itu semua tidak lain hanya akan menguras tenaga dan akan membuat keadaan semakin buruk dan sulit untuk memulai komunikasi. Jadi hindari melakukan konfrontasi antara satu dengan yang lain.

4. Jangan jadi protektif

Banyak pasangan membuat kesalahan dengan berpikir bahwa membangun kepercayaan berarti memperhatikan setiap gerak gerik pasangan. Meskipun menggoda untuk melakukan ini, hal ini sebenarnya akan menghancurkan kepercayaan dalam jangka panjang. Misalnya dengan mengecek ponselnya ratusan kali, memeriksa panggilan dan mengecek kemana mereka pergi. Melakukannya sama saja dengan menunjukkan ketidakpercayaanmu.

5. Fokus pada tujuan masa depan

Jika pasangan yang berselingkuh sudah mengakui kesalahannya dan tak akan melakukannya lagi, mulailah kemudian membangun kepercayaan lalu fokuskan tujuan pada masa depan. Biarkan yang lalu berlalu dan mulailah kehidupan yang penuh dengan kebahagiaan.

Memang tidak mudah untuk membangun kepercayaan setelah diselingkuhi, dan itu tidak bisa selesai dalam sehari atau dua hari. Dan bukan berarti juga dirimu tidak punya pilihan untuk meninggalkan hubungan tersebut setelah diselingkuhi. Jika hal itu membuatmu malah menjadi tak bahagia dan selalu khawatir, dirimu bisa meninggalkan hubungan tersebut kapan saja.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading