Sukses

Lifestyle

Biar Lebih Matang! Ini 5 Manfaat Pendidikan Pra-Nikah Bagi Calon Pengantin Baru

Fimela.com, Jakarta Konseling pra-nikah secara historis terjadi di lembaga-lembaga keagamaan, tetapi semakin banyak pasangan mulai mencari jenis bimbingan ini juga. Itu sebagian besar karena konseling pra-nikah menawarkan manfaat besar dan dapat membantu mencegah perceraian. Berikut adalah lima alasan terbaik untuk memilih konseling pra-nikah.

1. Ini Membangun Keterampilan Komunikasi

Ketika pasangan pergi ke konseling, mereka berbicara bersama dengan seorang konselor atau pemimpin agama yang memiliki pelatihan yang diperlukan untuk membantu mereka lebih memahami satu sama lain. Pasangan yang menjalani jenis konseling ini mau tidak mau membangun keterampilan komunikasi yang lebih baik karena mereka memiliki pihak netral di sana untuk membantu mereka memahami satu sama lain.

Tidak diragukan lagi ini adalah salah satu manfaat terbesar dari konseling pranikah. Selain belajar bagaimana mengomunikasikan kebutuhan dan keinginan individu dengan lebih baik, pasangan juga belajar bagaimana lebih memahami satu sama lain. Mereka mendapatkan keterampilan kasih sayang dan komunikasi yang akan membantu mereka melewati masa-masa sulit.

2. Memberikan Peluang untuk Mengatasi Masalah

Konseling pranikah juga memberikan kesempatan besar bagi pasangan untuk menghadapi masalah yang dapat menyebabkan perceraian sebelum menjadi serius. Dengan berbicara dengan seorang konselor, pasangan mungkin dapat menyelesaikan perselisihan uang atau berbicara tentang rencana mereka untuk memiliki anak.

Mengatasi masalah sebelum menikah adalah cara terbaik untuk memastikan fondasi yang kokoh untuk masa depan dan untuk menghindari konflik serius setelah menikah. Tentu saja, penting bagi pasangan untuk berterus terang ketika mereka menghadiri konseling pranikah.

3. Membantu Pasangan Merencanakan Masa Depan

Banyak konselor pranikah melakukan lebih dari sekadar membantu pasangan membicarakan masalah mereka saat ini. Mereka juga membantu merencanakan secara aktif untuk masa depan. Seorang konselor dapat membantu pasangan menetapkan tujuan keuangan atau keluarga berencana, dan dapat membantu mereka menemukan cara untuk mencapai tujuan tersebut. Konseling pranikah adalah tempat yang tepat bagi pasangan untuk berbicara tentang harapan yang mereka miliki untuk kehidupan pernikahan dan juga apa yang mereka inginkan secara pribadi di masa depan.

4. Memungkinkan Pasangan Lebih Bijaksana

Berbicara dengan seseorang yang telah lama menikah adalah manfaat besar lainnya dari mencari konseling pranikah. Ketika dirimu berbicara dengan seorang konselor, dirimu mendapat manfaat dari suara kebijaksanaan tentang masalah pernikahan. Ini lebih dari sekadar seseorang yang membagikan apa yang telah mereka pelajari dari sebuah buku.

5. Memungkinkan Pasangan Menemukan Hal Baru Tentang Diri Mereka Sendiri

Konselor mengajukan banyak pertanyaan ketika mereka bekerja dengan pasangan yang bertunangan. Mendengarkan dengan cermat jawaban pasanganmu adalah cara yang bagus untuk mempelajari lebih lanjut tentang individu itu. Ya, banyak pasangan merasa bahwa tidak ada yang mengenal pasangannya lebih baik daripada mereka. Namun, konselor dapat membantu menyampaikan informasi penting yang mungkin enggan dibagikan oleh pasangan. Ini menawarkan peluang pertumbuhan yang besar sambil membantu pasangan belajar lebih banyak tentang satu sama lain. Ini juga merupakan ruang yang aman bagi individu untuk berbagi hal-hal yang membuat mereka gugup atau kesal dengan pasangan mereka. Akan sangat membantu jika salah satu pasangan pernah mengalami kegagalan dalam hubungan sebelumnya.

Mengikut pranikah begitu memberikan banyak manfaat untuk keluargamu di masa depan. Dirimu dapat belajar banyak hal mulai dari menyelesaikan masalah dan bagaimana menikmati waktu bersama pasanganmu.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Loading