Sukses

Lifestyle

5 Alasan Lebih Baik Tinggal Terpisah dari Orangtua setelah Menikah

Fimela.com, Jakarta Memilih hidup bersama orangtua setelah menikah atau hidup sendiri bisa menjadi pilihan yang sulit bagi seseorang. Apalagi, jika orangtua secara pribadi tidak mengizinkannya. Akan tetapi, di balik itu semua ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh jika tidak tidak tinggal serumah dengan orangtua setelah menikah. Ini dia ulasannya.

1. Memiliki ruang pribadi atau privasi

Tinggal bersama orangtua setelah menikah mungkin akan menghilangkan ruang dan privasi, dan itu bisa menjadi beban psikologis, terutama jika terbiasa hidup sendiri. Namun sebaliknya, jika hidup terpisah dari orangtua maka dirimu dan pasangan akan memiliki kebebasan untuk menentukan apa pun yang ingin dikerjakan dalam rumah tangga, sehingga bisa hidup dengan lebih mandiri bersama pasangan tanpa harus memikirkan orang lain.

2. Lebih sedikit konflik

Tidak ada yang mudah saat hidup bersama, terlebih jika harus tinggal bersama orangtua setelah menikah. Terkadang, perbedaan pandangan, perbedaan nilai atau berbeda pendapat terhadap sesuatu rentan membuat konflik yang bisa merembet pada keharmonisan rumah tangga. Dan ini termasuk salah satu keuntungan saat tinggal terpisah dari orangtua.

3. Bisa lebih fokus

Seseorang yang sudah menikah mungkin akan dihadapi dengan lebih banyak permasalahan yang tentunya juga lebih kompleks atau beragam. Sehingga penting untuk lebih memusatkan pikiran pada satu hal. Dan orang yang tinggal bersama orangtua setelah menikah mungkin akan kesulitan melakukan ini, karena pikirannya bisa terpecah pada keluarga, pasangan atau rumah tangga.

4. Lebih mandiri

Pasangan yang tinggal terpisah dari orangtua juga memiliki kelebihan yakni bisa lebih mandiri, termasuk dalam memenuhi kebutuhannya, menyelesaikan masalah dalam rumah tangga dan bisa memutuskan sesuatu sesuai dengan pendapat pribadinya. Berbeda dengan pasangan yang tinggal bersama orangtua, terkadang urusan rumah tangga yang harus menjadi urusan pribadi dengan pasangan akan rentan menjadi ikut campur orantua jika tinggal bersama.

5. Termotivasi untuk bekerja lebih keras

Terpisah dari orangtua akan membuat pasangan lebih mandiri, sehingga jika ada masalah atau kebutuhaan yang belum terpenuhi dalam rumah tangga maka pasangan yang harus mencari jalan keluarnya. Tidak selalu mengandalkan orang lain akan menjadikan seseorang berusaha lebih dalam mencapai tujuannya.

Ulasan di atas bukan berarti bahwa tinggal bersama orangtua setelah menikah sepenuhnya adalah buruk, karena semua hal dalam hidup pasti memiliki plus dan minusnya. Dan banyak juga orang di luar sana yang sudah menikah namun tetap bisa harmonis dengan orangtua walau tinggal bersama.

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
Sepele tapi Berbahaya, Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pasangan setelah Menikah
Artikel Selanjutnya
Agar Harmonis, Pastikan Lakukan 5 Hal Ini di Tahun Pertama Pernikahan