Sukses

Lifestyle

5 Makanan yang Jika Dikonsumsi Bisa Bikin Bahagia

Fimela.com, Jakarta Saat sedang sedih atau stres, sebagian orang akan lari ke makanan untuk melampiaskan perasaannya. Tetapi, mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebih itu juga tidak baik untuk kesehatan, terlebih jika tidak memerhatikan jumlah dna nutrisinya. Namun, ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat sedang sedih atau stres karena kandungan di dalamnya seperti antioksidan yang berfunsgsi mengurangi stres atau depresi. Selain itu, makanan ini juga bisa dimasukkan ke dalam menu diet. Langsung saja, ini dia ulasannya.

1. Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman paling sehat yang baik bagi kesehatan fisik dan mental. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum tiga sampai lima cangkir teh hijau dalam sehari cenderung memiliki tingkat stres 20% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh hijau secara teratur. Kamu dapat mengonsumsi teh hijau yang diseduh langsung atau dicampur ke dalam smoothies.

2. Tiram

Selain bisa meningkatkan kadar libido, tiram bermanfaat bagi kesejahteraan emosional. Tiram adalah sumber yang kaya seng dan vitamin B12 yang berfungsi meningkatkan mood dan memori. Penelitian menunjukkan bahwa hal itu juga dapat membantu untuk mengobati penyakit mental juga.

3. Kopi

Secangkir kopi mungkin bisa penyemangat untuk bekerja di pagi hari. Tapi ada manfaat lain dari kopi, yakni untuk mengurangi kesedihan. Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, itu dapat memiliki sejumlah manfaat kesehatan selain hanya membuat bahagia. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi dapat menurunkan risiko depresi pada pria dan perempuan.

4. Cokelat hitam

Salah satu dari banyak manfaat kesehatan dari cokelat hitam adalah mengalahkan kesedihan. Antioksidan dalam cokelat hitam bisa sangat membantu dalam menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh, sehingga menimbulkan rasa bahagia saat mengonsumsinya.

5. Buah beri

Secangkir buah beri berwarna-warni sangat menyenangkan untuk dilihat. Tapi lebih dari itu, ini adalah camilan yang sempurna untuk diet kebahagiaan. Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan, antosianin dalam buah beri, dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan depresi.

Walau pun makanan ini berfungsi mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan, tetapi sebaiknya jangan dikonsumsi dalam jumlah berlebih, karena ada zat lain di dalamnya yang jika dikomsumsi dalam jumlah berlebihan malah berdampak buruk untuk kesehatan. Misalnya kafein pada kopi dan teh, gula dalam cokelat, atau kandungan kolesterol yang tinggi pada tiram. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

#ElevateWomen

Hospital Playlist 2 Raih Rating Tinggi di Episode Perdana
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Meningkatkan Hormon Bahagia dalam Tubuh