Sukses

Lifestyle

7 Tips Aman Belanja di Tengah Pandemi COVID-19

Fimela.com, Jakarta Kita hidup melalui pandemi yang terus mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Belanja bahan makanan adalah salah satu tugas dasar yang banyak dari kita masih meninggalkan rumah, tetapi ada hal-hal yang dapat kita lakukan untuk melindungi diri kita sendiri saat berbelanja.

Secara umum, semakin dekat dirimu berinteraksi dengan orang lain dan semakin lama interaksi itu, semakin tinggi risiko penyebaran COVID-19. Lakukan yang terbaik untuk menjaga jarak sosial saat berbelanja dan tinggal di rumah jika dirimu merasa sakit. Berikut adalah beberapaca cara untuk mempraktikkan belanja yang aman di tengah pandemic corona yang semakin meningkat ini.

Pertimbangkan Pembelian Online

Belanja bahan makanan secara online menjadi cara aman untuk memastikan dirimu tidak keluar dari rumah. Sebagian besar toko kelontong menawarkan layanan penjemputan dan/atau pengiriman di tepi jalan untuk melindungi pelanggan dan karyawan.

Layanan pengiriman atau penjemputan bahan makanan sangat bermanfaat bagi populasi berisiko tinggi, seperti orang tua dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan kronis. Dirimu juga dapat menghindari kontak dengan meminta orang yang mengantarkan belanjaan dan meninggalkannya di depan pintu.

Pakai Masker

CDC merekomendasikan agar orang memakai masker saat berada di tempat umum, termasuk di toko kelontong. Pastikan maskermu menutupi hidung dan mulut, idealnya masker itu memiliki dua atau lebih lapisan.

Cuci Tangan Sebelum dan Setelah Berbelanja

Mencuci tangan dengan benar penting untuk mengurangi kuman. Mencuci tangan sebelum berbelanja bahan makanan akan melindungi pembeli dan karyawan lain dengan lebih baik, sementara mencuci tangan setelah berbelanja bahan makanan akan membantu menghentikan penyebaran kuman yang mungkin kamu bawa selama perjalanan. Menggunakan pembersih tangan, yang dibuat dengan setidaknya 60% alkohol, dapat membantu mengurangi kuman hingga dirimu dapat mencuci tangan kembali.

Belanja Selama Mobilitas Rendah

Mungkin ada baiknya menelepon toko bahan makanan lokal dan menanyakan kapan waktu yang tepat untuk datang. Jam mungkin berbeda selama waktu ini, karena toko perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk inventaris baru, protokol pembersihan dan sanitasi.

Bayar dengan Kartu Kredit atau Debit

Yang ini mungkin terasa sedikit ribet, tetapi ada baiknya mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk membayar dengan kartu daripada uang tunai bahkan lebih baik. Menghilangkan kebutuhan untuk menukar uang kertas dan koin memungkinkanmu menjaga jarak dan membatasi penyebaran kuman.

Desinfeksi Permukaan

Dirimu tidak perlu memaksakan diri untuk membersihkan semua barang di rumah dan tidak perlu mendisinfeksi bahan makanan. CDC merekomendasikan untuk mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh di rumah. Setelah dirimu pulang dari toko dan menyimpan bahan makanan, ada baiknya membersihkan meja dan mengelap gagang lemari es. Lalu, jangan lupa cuci tangan.

Sering Cuci Tas yang Dapat Digunakan Kembali

Dirimu harus sering mencuci tas belanjaan yang dapat digunakan kembali. Meskipun virus corona bertahan lebih lama di permukaan yang keras, virus ini masih bisa bertahan di permukaan yang lembut seperti selimut, pakaian, dan tas jinjing.

Pastikan tetap menjaga diri dengan mematuhi protokol kesehatan. Jangan keluar rumah jika tidak memiliki kepentingan yang mendesak.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading