Sukses

Lifestyle

3 Bacaan Niat Puasa Sunah Menjelang Idul Adha

Fimela.com, Jakarta Menjelang lebaran Idul Adha, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan salah satu sunnah yakni puasa di beberapa hari di bulan Dzulhijjah; puasa 7 hari di awal bulan Dzulhijjah, puasa Arafah dan Puasa Tarwiyah. Ibadah sunah ini memang tidak diwajibkan bagi seluruh umat Muslim, namun dipercaya memiliki nilai keberkahan yang lebih. Untuk lebih menyempurnakan niat puasa sunah menjelang Idul Adha, berikut 3 niat puasa sunnah di bulan Dzulhijjah.

1. Niat Puasa 7 Hari di Awal Bulan Dzulhijjah

Puasa di awal bulan Dzulhijjah sangat dianjurkan sebagai perwujudkan syukur dan jalan untuk memperoleh keberkahan dari Allah SWT.

Niat puasa Dzulhijjah:

Nawaitu shauma syahri dzil hijjati sunnatan lillahi ta’ala.”

Artinya: “Saya niat puasa sunah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala.”

Setelah membaca niat ini di malam sebelum tanggal 1 Dzulhijjah, umat Muslim bisa memulai puasa dengan sahur di dini hari. Dan, melanjutkan ibadah puasa sunah selama tujuh hari berturut-turut tanpa putus.

2. Niat Puasa Tarwiyah Menjelang Idul Adha

Setelah selesai dengan ibadah puasa sunah 7 hari di awal bulan Dzulhijjah, umat Muslim yang masih ingin memperoleh keberkahan dari Allah SWT, bisa melanjutkan dengan niat puasa Tarwiyah. Niat puasa Tarwiyah diucapkan pada tanggal 8 Dzulhijjah, tepat setelah puasa 7 hari selesai.

Niat Puasa Tarwiyah Idul Adha:

Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi ta'aala”.

Artinya: “Saya niat berpuasa sunnah tarwiyah karena Allah ta’ala.”

3. Niat Puasa Arafah Menjelang Idul Adha

Di hari selanjutnya setelah selesai menjalankan puasa Tarwiyah, ada lagi puasa sunah Arafah yang dianjurkan bagi umat Muslim yang tidak sedang menjalankan ibadah Haji. Puasa sunah Arafah dilakukan tepat setelah puasa Tarwiyah, yakni pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Niat Puasa Arafah:

Nawaitu shauma arafata sunnatan lillahi ta’ala.”

Artinya: “Saya niat puasa Arafah, karena Allah ta’ala.

Niat puasa sunah di bulan Dzulhijjah ini bisa dilantunkan setiap selesai puasa sunnah sebelumnya, di waktu malam hari atau sebelum waktu sahur. Dan semoga bagi siapa saja yang bisa menjalankan mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah Swt. Amin.

 

Sumber: Dream.co.id

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading