Sukses

Lifestyle

Dieng Surga Tersembunyi di Tengah Pulau Jawa

 

 

 

Fimela.com, Jakarta Telaga Warna:  Sekali waktu Anda bisa melihat telaga ini berwarna hijau, di waktu yang lain menjadi warna kuning, pink, biru, dan warna-warna pelangi. Fenomena ini dapat terjadi karena air di telaga ini memiliki kandungan sulfur (belerang) yang cukup tinggi. Telaga warna berlokasi di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

 

Telaga Pengilon: Telaga pengilon letaknya berada disamping telaga warna, tepatnya disebelah selatan. Telaga Pengilon memiliki warna air yang sangat jernih atau bening. Mengenai ukuranya telaga pengilon lebih kecil dari pada telaga warna.  Terdapat sebuah mitos yaitu apabila seseorang bercermin di telaga pengilon yang berhati baik atau mulia akan terlihat tampan atau cantik, begitu juga sebaliknya apabila ada seseorang berhati busuk bercermin di telaga pengilon maka terlihat jelek.

 

Bukit Sikunir:  Salah satu lokasi terbaik di dunia untuk melihat sunrise, walaupun belum setenar Bromo. Para wisatawan dapat melakukan trekking di jalan setapak yang berbatu untuk mencapai puncak Bukit Sikunir. pada ketinggian 2.263 mdpl, bukit sikunir kamu bisa melihat  Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, dan Merapi. Waktu yang paling tepat untuk melihat matahari terbit di Bukit Sikunir adalah pada musim kemarau sekitar bulan Juli-Agustus.

 

Gunung Prau (Bukit Teletubbies): Dieng memiliki bukit Teletubbies di puncak Gunung Prau. Gunung Prau merupakan puncak tertinggi di daerah pegunungan dieng dengan ketinggian 2.500 mdpl. Keindahan yang luar biasa dibandingkan bukit-bukit di sekitarnya. Lautan bunga-bunga liar semacam bunga aster tumbuh di hamparan hijaunya bukit. Bukit-bukit kecil pun tersebar dari utara hingga selatan. Bukit-bukit kecil inilah yang disebut sebagai bukit Teletubbies. Puncak gunung prau pun menjadi spot yang sangat menarik untuk melihat sunrise ataupun sunset.

 

Wisata Bersejarah Candi di Dieng: Candi utamanya adalah Candi Arjuna. Candi Arjuna ini berhadapan dengan Candi Semar. Sedangkan di sebelah kiri Candi Arjuna berjajar Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Salah satu keunikan lainnya di Candi Arjuna ini adalah tanah berumput di sekeliling candi terasa empuk dan membal. Rasanya seperti berjalan di atas busa. Hal itu disebabkan kandungan air yang tinggi di tanah sekeliling candi yang dulunya adalah rawa-rawa. Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

 

Kawah Sikidang: Merupakan kawah paling populer di dataran tinggi Dieng yang masuk di wilayah Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia. Dataran tinggi Dieng termasuk salah satu kawasan yg memiliki kawah terbanyak di Indonesia antara lain Kawah Sikidang, Kawah Sileri, Kawah Timbang, Kawah Sibanteng, Kawah Candradimuka dan lain-lain.

 

Telaga Menjer: Terletak di desa Maron, kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Telaga Menjer memiliki kecantikan yang sangat sayang bila kita lewatkan. Berada di kaki pegunungan Dieng, Telaga Menjer juga menawarkan kedamaian pada setiap pengunjungnya. Hawanya sejuk dan suasananya sunyi. Sesekali yang terdengar hanyalah kicauan burung. Di Telaga Menjer kita dapat menaiki perahu-perahu kecil sambil menikmati keindahan alam nan eksotis. Kita juga dapat mencoba memancing. Telaga Menjer ini juga digunakan untuk PLTA.

 

Goa Semar dan Goa Sumur: Lokasi ini adalah istana terakhir Mandala Sari alias Semar. Di sanalah Semar bersemadi abadi setelah pertapaan di berbagai tempat. Menurut kepercayaan, urut-urutan pertapaan di tanah Jawa selalu berakhir di kawasan Dieng. Di sini pula Soeharto memperoleh wangsit menjadi pemimpin. Terletak di daratan tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Gambar: Fathirafifboyz.blogspot.com, arifarra.blogspot.com, geolocation.ws, wikipedia.org, klikhotel.com, diengku.co.id, .indowisata.co.id.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading