Sukses

Lifestyle

5 Kota Bawah Laut yang Konon Terkutuk

Fimela.com, Jakarta Inilah kota-kota bawah laut yang konon di dikutuk, sehingga tidak lagi berfungsi dan tenggelam di dasar laut. Namun berdasarkan perhitungan ahli sejarah dan lmuwan, kota-kota kuno tersebut tenggelam karena banjir yang sangat besar, gempa bumi, tsunami dan bencana alam lainnya.

1. Kota Port Royal (Jamaika).

Dulu, kejayaan kota ini ada di masa bajak laut. Digambarkan bahwa Port Royal terkenal dengan minuman keras, pelacuran dan hiburan malam. Di kota inilah para bajak laut bersenang-senang. Kisah lama mengatakan bahwa kota ini mengalami gempa hebat di bulan Juni 1692 dan tenggelam. Sebanyak 2.000 orang diperkirakan tewas.

2. Piramida Yonaguni-Jima (Jepang).

Piramida ada di seluruh dunia, tidak hanya di Mesir. Bahkan di Jepang, tim arkeolog menemukan piramida yang tenggelam di dalam laut, tepatnya di lepas pantai Kepulauan Ryukyu, Jepang. Para ahli masih belum memastikan bahwa temuan mereka adalah Piramida Yonaguni-Jima. Namun jika dilihat dari batu bertingkat dan bentuk formasi segitiga, sulit membayangkan itu adalah bentukan alami. Bila benar bangunan ini adalah buatan manusia, para  ahli menyimpulkan bahwa bangunan ini dibentuk di jaman es yang sekitar tahun 10.000 sebelum masehi.

3. Kota Dwarka (India).

Bagi masyarakat yang mayoritas beragama Hindu, kota Dwarka digambarkan sebagai kota kuno yang dibangun di tepi sungai Gomati. Dikisahkan bahwa Dewa Krishna membangun kota indah dan kaya dengan 70.000 istana terbuat dari emas, perak dan logam mulia lain, namun kota itu tenggelam ke dalam laut. Cerita itu dikisahkan dalam kitab Mahabharata dan Purana, walau banyak yang menganggap itu tidak lebih dari kisah lama dan mitos belaka. Hingga pada tahun 2000, tim arkeolog menemukan reruntuhan besar di Cambay. Reruntuhan tersebut menggambarkan sebuah struktur kota.

 

4. Kota Singa (China).

Mengapa kota ini disebut Kota Singa atau Lion City, karena ada banyak patung singa di sepanjang reruntuhan kota yang ditemukan di bawah danau quiandao. Bisa dikatakan bahwa reruntuhan ini adalah yang paling spektakuler di dunia, setidaknya setelah kota Alexandria Kuno di Mesir. Kota ini bahkan dijuluki Atlantis-nya China. Kota kuno ini ada di kaki gunung dan tenggelam ketikan dibangun sebuah bendungan. Jika dihitung, luas kota ini adalah 62 kali lapangan sepakbola. Reruntuhan masih terjaga dengan baik dengan bagian-bagian yang utuh.

5. Kota Alexandria Cleopatra (Mesir).

Kota Alexandria dikabarkan hilang selama 1.600 tahun. Namun sebuah tim arkeolog menemukan reruntuhan sebuah kota kuno tidak jauh dari lepas pantai Alexandria modern di tahun 1998. Monumen-monumen besar ditemukan dan dilakukan penelitian pada temuan ini. Para ahli berpendapat bahwa kota yang mereka temukan kemungkinan besar tenggelam karena gempa bumi.  jika di hitung, ada lebih dari 140 artefak yang ditemukan dari situs ini dan mereka juga percaya kalau makam dari cleopatra juga terdapat di antara reruntuhan bangunan ini.

Gambar: Fliup.com, blogtuanys.wordpress.com, carolinanaturally.blogspot.com, pinterest.com, lefotobelle.blogspot.com, youtube.com, sunohy.peakhost.in, pulpn.com.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading