Sukses

Lifestyle

Mereka yang Batal Datang Ke KAA 2015 dan Hanya Kirim Wakilnya

Fimela.com, Jakarta Konferensi Asia Afrika (KAA) 2015 atau KAA Ke-60 diselenggarakan di Jakarta serta Bandung mendapat sorotan dari pelbagai pihak. Ini acara yang tidak sembarangan lantaran menengok sejarahnya sarat akan nilai-nilai penting. Terutama sekali mengumpulkan dan memperkuat kerjasama antar negara-negara ketiga agar tidak tergerus negara maju.

Namun dengan alasan khusus, beberapa kepala negara ini tidak datang ke KAA. Mereka hanya mengirimkan wakilnya saja. Siapa kepala negara yang absen di perhelatan ini? Simak uraian Bintang.com berikut.

1. Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma (Via: buzzsouthafrica.com)

Afrika Selatan tengah dilanda masalah dalam negeri yang cukup pelik. Timbulnya gejala Xenophobia atau ketakutan pada orang asing sedang mewabah di sana. Banyak warga Afrika Selatan menyerang turis luar negeri. Hal ini cukup membuat Presiden Jacob Zuma pusing dan akhirnya memutuskan tidak datang ke KAA 2015.

2. Presiden Sudan Umar Hasan Ahmad al-Bashir

Presiden Sudan Umar Hasan Ahmad al-Bashar (Via: telegraph.co.uk)

Sebelas dua belas dengan Afrika Selatan, Sudan juga tengah dilanda konflik perang saudara yang tak kunjung selesai. Selain itu Presiden Sudan Umar Hasan Ahmad al-Bashir mendapat larangan melintas di wilayah udara beberapa negara. Padahal untuk mencapai Indonesia dia harus melewati wilayah udara tersebut. Nasib.

3. Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena

Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena (Via: thenational.ae)

Dinamika politik di Sri Lanka membuat Presiden Maithripala Sirisena akhirnya batal datang ke KAA 2015 dan hanya mengirimkan Menteri Luar Negeri Mangala Pinsiri Samarawera untuk mewakilinya.

4. Presiden Filipina Benigno Aquino III

Presiden Filipina Benigno Aquino III (Via: rappler.com)

Sejak pekan lalu Presiden Filipina Benigno Aquino III memastikan tidak hadir di acara KAA 2015 sebab ada urusan lain yang waktunya berbenturan dengan konferensi itu. Namun banyak pihak mengaitkannya dengan terpidana mati Mary Jean Veloso, warga Filipina yang dieksekusi di Indonesia karena kasus narkotika.

5. Perdana Menteri India Narendra Modi

Perdana Menteri India Narendra Modi (Via: niticentral.com)

Belum diketahui apa alasan Perdana Menteri Narendra Modi tidak datang ke KAA 2015 tapi katanya sih, jadwal dia padat banget.

6. Presiden Korea Selatan Park Geun Hye

Presiden Korea Selatan Park Geun Hye (Via: qcostarica.com)

Presiden Korea Selatan Park Geun Hye memang sedari awal sudah bilang gak bisa ke KAA 2015 karena ada urusan yang penting.

BONUS

Satu lagi yang gak bisa datang ke KAA 2015 dan dia adalah ... eng ing eng!

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Kim Jong Un (Via: Reuters)

Dia lagi sibuk naik gunung kayaknya. Ya, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memang diberitakan gemar-gemarnya hiking ke gunung paling tinggi di sana, Gunung Paektu. Tapi oke banget lho gayanya Kim Jong Un ini, ya. Lihat tuh rambutnya gak berubah. Tetap jambul asoy, ya, hihihi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading