Sukses

Lifestyle

Gagal SNMPTN? Daftar SBMPTN 2015 di PTN Terfavorit di Pulau Jawa

Fimela.com, Jakarta Gagal SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)? Nggak usah khawatir. Kalau kata pepatah, "Masih banyak jalan menuju Roma". Begitu juga jalan menuju PTN (Perguruan Tinggi Negeri) favoritmu. Salah satunya dengan cara SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2015. Yap! Pulau Jawa adalah salah satu pulau dengan PTN terbanyak di Indonesia. 

Nih, daftar PTN di Pulau Jawa yang bisa kamu masukin di SBMPTN 2015!

Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (Via: informasipendidikan.com)

Universitas Gadjah Mada merupakan universitas pertama yang dibangun pemerintah RI setelah Indonesia merdeka. Presiden Joko Widodo dan penyair Sapardi Djoko Damono alumni UGM, lho!

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (Via: selasar.com)

Kampus ini sudah ada sejak 1849 dengan nama Dokter-Djawa School Batavia, namu pada 1954 namanya diganti jadi Universitas Indonesia. Banyak banget tokoh terenal Indonesia alumni kampus yang terletak di Depok dan Salemba ini, salah satunya adalah Fauzi Bowo, mantan Gubernur Jakarta.

Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta (Via: kampusunj.com)

Sebelum bernama Universitas Negeri Jakarta, dulu kampus pendidikan guru ini bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP). Letaknya di daerah Rawamangun. Kalau kamu mau jadi guru, bisa banget nih melanjutkan pendidikan ke sana. 

Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (Via: sufihamdan.wordpress.com)

Perguruan tinggi yang lebih terkenal dengan nama ITB ini punya tujuh program studi yang sudah terakreditasi internasional. FYI aja, Presiden pertama Indonesia, Soekarno dan presiden ketiga Indonesia alumni ITB lho!

Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro (Via: hoteldekatkampus.com)

Universitas Diponegoro (Undip) yang terletak di Semarang ini berdiri sekitar tahun 50-an. Undip memiliki 11 fakultas. Banyak juga tokoh Indonesia yang pernah menjadi bagian universitas ini. Salah satunya adalah Baharudin Lopa, mantan menteri hukum.

Universitas Airlangga

Universitas Airlangga (Via: pizna.com)

PTN yang lebih dikenal dengan Unair ini merupakan universitas tertua ke-dua setelah Universitas Indonesia. Letak PTN ini di Surabaya.

Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya (Via: pojoksatu.id)

PTN ini terletak di Malang. Universitas ini didirikan 5 Januari 1963. Nama Brawiraja sendiri merupakan gelar raja Majapahit yang diberikan oleh Presiden Soekarno.

Kamu bakal dibilang keren banget kalau bisa lulus SBMPTN 2015 dan masuk ke salah satu PTN di atas!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading