Sukses

Lifestyle

23 Cara Jadikan Hidup Lebih Mudah Ketika Depresi

Fimela.com, Jakarta Semua orang pernah berada pada masa terpuruk. Hal yang membuat dia seperti jatuh ke sebuah lubang gelap dan sulit sekali keluar dari sana. Kemudian dia akan diserang oleh pikiran-pikiran buruk yang membuatnya takut akan semua hal. Itu sebagian kecil yang dirasakan oleh orang yang depresi pada awalnya. Kali ini Bintang.com akan memberikan beberapa tips untuk kamu yang sudah mulai merasakan tanda-tanda kehadiran depresi dalam dirimu. Seperti apa saja? Cekidot!

Beli Buku Mewarnai

Belilah buku mewarnai dan pensil warna. Warnai beberapa gambar di dalamnya supaya kamu merasa lebih baik.

Buat Daftar Hal yang Sudah Dilakukan dalam Sehari

 

A photo posted by Katie Humber (@siftwithstyle) on

Daripada membuat daftar yang harus kamu lakukan untuk sehari, lebih baik buat daftar hal yang sudah kamu lakukan di akhir hari. Lakukan ini sebelum tidur supaya kamu tahu kalau kamu punya banyak hal yang masih bisa kamu lakukan terlepas dengan apa yang sedang kamu rasakan.

Siapkan Kotak Kebahagian

 

A photo posted by Natural Life (@naturallife) on

Sistemnya seperti kotak P3K. Setiap kamu mulai merasa terpuruk, segera buka kotak ini. Isi Kotak Kebahagiaan ini dengan segala hal yang kamu sukai: film favorit, buku kesukaanmu, produk perawatan tubuh, dan beberapa benda yang dapat mengingatkanmu pada masa-masa indah.

Menangislah

 

A photo posted by El Buen Gusto (@el_buen_gusto_) on

Bahkan Batman saja menangis ketika Superman akhirnya tewas di sebuah seri komik yang dikeluarkan oleh DC Comic. Tidak ada yang salah jika kamu menangis. Karena dengan itu sebagian beban yang kamu rasakan bisa terbuang. Cari tempat yang sekiranya cocok untuk kamu menangis dan mengeluarkan semua sesak yang kamu rasakan.

Tulis Hal-Hal yang Kamu Syukuri

Ingatlah kalau tidak semua orang memiliki hal yang kamu punya. Tuliskan apa saja yang kamu syukuri ketika merasa terpuruk. Seperti rumah yang layak, makanan bergizi yang dimasak oleh ibumu, atau koneksi internet di rumahmu. Dengan begitu niscaya kamu bisa merasa lebih baik.

Bermain dengan Hewan Peliharaan

Beberapa penelitian mengatakan kalau bermain dengan hewan peliharaan dapat mengurangi stress dan depresi. Kalau kamu tidak punya hewan peliharaan, datangi rumah temanmu yang punya hewan peliharaan. Pastikan hewan peliharaan mereka sudah mengenalmu, ya. ;)

Tidur Teratur

 

A photo posted by Olena Kryachenko (@o_lena_kr_) on

Ketika kamu kurang tidur atau kebanyakan tidur, pikiranmu akan jadi berkabut dan depresi yang akan terjadi akan menjadi lebih parah. Perbaiki siklus tidurmu agar kamu kembali ceria~

Selalu Bersiap Setiap Hari

Meski kamu tidak berencana keluar rumah, tetaplah bersihkan dirimu dan gunakan pakaian yang pantas agar kamu merasa lebih baik.

Bersosialisasi

 

A photo posted by jordanstone19 (@jordanstone19) on

Hangout dengan teman-temanmu. Walaupun kamu tidak berniat untuk mengobrol, berkumpul dengan orang lain dapat membantumu mengurangi depresi.

Dengarkan Lagu-Lagu Gembira

Ketika terpuruk, jangan pernah mendengarkan lagu berlirik sedih. Itu hanya akan membuatmu semakin ingin tenggelam ke dasar laut. Dengarkan lagu-lagu riang agar gembira seperti lagunya Pharrel William yang berjudul Happy.

Rapikan Kamarmu

Sebagian besar waktu yang dihabiskan orang yang sedang depresi adalah di kamar tidurnya. Untuk itu rajinlah merapikan kamarmu agar kamu nyaman melewati harimu.

Makan

Makan | via: buzzfeed.com

Makan diketahui dapat mengaktifkan hormon yang membuatmu bahagia. Jadi, mulailah makan. Jangan lupa selalu makan makanan yang bergizi, ya. Karena tubuhmu membutuhkan asupan gizi yang cukup.

Lakukan Hobimu

 

A photo posted by VS (@vagstef) on

Dengan melakukan kegiatan yang kamu sukai, kamu bisa merasa santai dan sedikit demi sedikit akan melupakan bebanmu.

Tuliskan Pikiran Negatif yang Datang Padamu

Tulis semua pikiran negatifmu | via: buzzfeed.com

Pikiran negatif biasanya sering menghantui orang-orang yang sedang depresi. Jika lain kali terbesit pikiran negatif yang membuatmu makin terpuruk, tulislah! Setelah itu, kamu buang kertas berisi pikiran negatif tersebut. Ini memiliki efek sugesti.

Keluarlah dari Rumah

Jalan-jalan | via: buzzfeed.com

Jangan hanya berdiam diri di rumah. Kamu bisa keluar rumah untuk jalan-jalan di taman atau berkendara melewati jalan tol sampai kamu bosan.

Habiskan Waktu di Dapur

Habiskan waktu di dapur | via: buzzfeed.com

Banyak yang bisa kamu lakukan di dapur selain makan. Memasak buat kamu yang suka dan bisa atau mengobrol dengan orangtuamu.

Tuliskan Kata-kata Penyemangat Untukmu

 

A photo posted by @4prillynn on

Tuliskan kata-kata positif seperti "kamu pasti bisa!", "kamu keren", atau "kamu cantik apa adanya" di tempat-tempat yang sering kamu lihat setiap hari. Misalnya di cermin meja rias.

Berolahragalah

 

A photo posted by Cless Zeb (@cless.zeb) on

Tubuh yang bugar menghasilkan mental yang sehat. Berolahragalah. Sendiri atau bersama teman semuanya oke.

Ingat Target Jangka Panjangmu

Ingat target jangka panjangmu | via: buzzfeed.com

Kamu masih punya banyak yang belum dilewati. Jangan sampai keterpurukan membuatmu menyerah begitu saja.

Manjakan Dirimu

 

A photo posted by @a_mazingthings on

Kamu bisa memanjakan dirimu dengan pergi ke spa atau melakukan perawatan rambut. Bisa juga dengan mentraktir dirimu sendiri es krim berukuran besar sambil menonton film favoritmu.

Menenggelamkan Diri Pada Buku-Buku

Bacalah banyak buku dan biarkan imajinasi dari apa yang kamu baca membuatmu lupa akan keterpurukanmu. Dengan begitu, kamu bisa pulih lebih cepat.

Meditasi

 

A photo posted by Astrid Arrian (@aabunny) on

Tenangkan hati dan pikiranmu dengan meditasi.

Cari Bantuan

Kalau semua cara di atas belum berhasil, kamu harus mencari pertolongan ahli. Pergi ke psikolog bisa membantu. Atau kamu bisa datangi sahabat yang sudah kamu percaya untuk minta bantuannya.

 

Demikianlah tips yang bisa kamu praktekan sebelum depresi yang kamu rasakan bertambah parah. Semoga berguna untukmu dan orang terdekatmu yang memiliki ciri-ciri depresi.

 

Baca juga: Tips Ampuh Ini Mampu Meningkatkan IQ Kamu

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading