Sukses

Lifestyle

Fakta Miris Suku Rohingya Bikin Kamu Berurai Air Mata

Fimela.com, Jakarta Suku Rohingya banyak diberitakan belakangan ini. Sorotan media begitu intens membicarakan polemik antara suku Rohingya, biksu Ashin Wirathu, dan pemerintah Myanmar. Mulai dari berita pelarian hingga kehidupan yang suku Rohingya jalani sekarang setelah menjadi pengungsi di Aceh.

Bicara mengenai suku Rohingya, nih simak dulu fakta-fakta miris seputar kelompok etnis Indo-Arya berikut.

#1

Fakta Suku Rohingya | via: arrahmah.com

Suku Rohingya, berasal dari pedagang Arab yang bermukim di wilayah Rakhine (perbatasan Bangladesh dan Myanmar saat ini) pada abad ke-7. Catatan sejarah tidak menjelaskan adanya konflik etnis selama awal kedatangan imigran Rohingya.

#2

Fakta Suku Rohingya | via: dinaruntu.wordpress.com

1785 Kerajaan Burma (sekarang Myanmar) melakukan invasi militer ke wilayah Rakhine dan berhasil menguasainya. Sayangnya, mereka tidak mau mengakui keberadaan etnis Rohingya.

#3

Fakta Suku Rohingya | via: id.wikipedia.org

Saat Inggris melakukan kolonialisasi pada 1826. Pemerintah Kolonial Inggris memindahkan beberapa etnis Rohingya ke wilayah Burma. Hal ini dikarenakan untuk membantu peningkatan produksi pertanian karena wilayah Burma cocok untuk pertanian.

#4

Fakta Suku Rohingya | via: eramuslim.com

Awal abad ke-19 mulai terjadi bentrokan dengan pemeluk Budha di Burma. Namun, pemerintah Inggris mampu meredamnya.

#5

Fakta Suku Rohingya | via: kaskus.co.id

Masa Jepang, pemeluk Budha di Burma lebih banyak menempati jabatan di pemerintahan. Sedangkan, suku Rohingya dipersenjatai Inggris untuk memukul mundur Jepang.

#6

Fakta Suku Rohingya | via: dw.de

Jepang mengetahui yang hendak dilakukan suku Rohingya sehingga, terjadilah pembantaian terhadap suku Rohingya. Banyak dari mereka yang dilarikan ke Bangladesh. Ini alasan nantinya mengapa suku Rohingya tidak diterima di Myanmar.

#7

Fakta Suku Rohingya | via: hartonocen.blogspot.com

Selepas Perang Dunia II, Rohingya sempat mendirikan negara sendiri. Namun, tidak ada negara yang mau mengakui kedaulatannya.

#8

Fakta Suku Rohingya | via: sisidunia.com

Terjadi kudeta pada 1962, sehingga muncul operasi militer terhadap suku Rohingya. Salah satu operasi yang paling terkenal, yakni "Operasi Raja Naga", akibatnya 200.000 suku Rohingya mengungsi ke Bangladesh.

#9

Fakta Suku Rohingya | via: dw.de

Gelombang pengungsi yang begitu besar, pemerintah Bangladesh keberatan menerima suku Rohingya. Permasalahan ini akhirnya ditangani oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

#10

Fakta Suku Rohingya | via: riautoday.com

PBB mengembalikan suku Rohingya ke Myanmar. Pemerintah Bangladesh menegaskan, suku Rohingya bukan warga Bangladesh.

#11

Fakta Suku Rohingya | via: annida-online.com

Kerusuhan terjadi pada 2012 dan 2014 berkenaan dengan diskriminasi yang dilakukan pemerintah Myanmar terhadap suku Rohingya.

#12

Fakta Suku Rohingya | via: luwuraya.net

Pada 2015, pemerintah Myanmar mencabut status kewarganegaraan etnis Rohingya. Inilah yang menyebabkan suku Rohingya berbondong-bondong mengungsi dari Myanmar.

#13

Fakta Suku Rohingya | via: geotimes.co.id

Jumlah penduduknya sekarang ditaksir hanya 1,3 juta jiwa.

#14

Pengungsi Rohingya di Aceh | via: bbc.co.uk

Sulit mengakses pendidikan, sarana ibadah, dan kesehatan di Myanmar

Ternyata ini bukan kali pertama suku Rohingya mengungsi. Miris ya. Semoga cepat-cepat ditemukan jalan paling diplomatis untuk masalah ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading