Sukses

Lifestyle

Ramai Arah Kiblat Bergeser, Begini Cara Menentukannya

Fimela.com, Jakarta Hari ini matahari tepat di atas Kabah. Itu artinya arah kiblat bergeser. Kalau fenomena itu terjadi, apa yang harusnya kamu lakuin? Nah, ini waktunya untuk menyesuaikan ulang arah kiblat.

Menurut Mukhtar Ali, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, peristiwa itu biasa disebut rashdul qiblah. Jadi, dalam rashdul qiblah tersebut benda yang terkena sinar matahari bayangannya akan mengarah ke Kabah.

Buat kamu yang mau mengatur ulang arah kiblat. Nih Bintang.com arahkan (insha Allah ke arah yang benar) untuk atur ulang arah kiblat kamu.

#1

Misalnya kamu tentukan rumah untuk jadi tempat yang mau kamu sesuaikan dengan arah kiblat | via: tightlinesdesigns.com

Yang pertama dan paling utama, kamu tentuin dulu tempat mana yang mau kamu atur ulang arah kiblatnya. Setelah itu, kamu perlu tongkat yang panjangnya 1-2 meter. Jangan lupa juga, jam dari smartphone kamu sebab sudah masuk settingan internasional. Jadi dijamin hitungannya sudah tepat dengan jam sentral.

#2

Halaman rumah akan jadi tempat kamu melihat bayangan matahari | via: desainrumahkeren.com

Posisikan diri kamu di samping tempat yang sudah kamu tentukan di point pertama. Jangan di tempat redup. Pastikan tempat itu terkena sinar matahari. Tongkat tadi posisikan vertikal, jangan miring-miring apalagi sampai jadi diagonal.

#3

Tunggu 2 menit untuk memastikan arah jatuhnya bayangan | via: zizaal.blogspot.com

Saat rashdul qiblah terjadi, sabar dulu tunggu sampai maksimal 2 menit. Pastikan kalau itu bayangan matahari yang nyata -nggak semu apalagi PHP-. Barulah kamu bisa sesuaikan arah kiblatnya.

Nah, gimana? Nambah ilmu ya, begitulah langkah-langkah penyesuaian kalau arah kiblat bergeser. Sesuaikan arah kiblatmu karena matahari tepat di atas Kabah hari ini. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading