Sukses

Lifestyle

5 Nutrisi Penting yang Harus Dicukupi Selama Menjalankan Puasa

Fimela.com, Jakarta Selama bulan puasa, tubuh harus cukup segalanya. Termasuk cukup asupan nutrisinya. Berikut Bintang.com paparkan 5 nutrisi yang harus cukup asupannya selama kamu menjalankan puasa. Cekidot!

Air

Air | via: koranpelajargratis.com

Kita berpuasa selama kurang lebih 13 jam. Selama itu, tubuh akan kehilangan banyak cairan dan elektrolit. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi air ketika sahur dan berbuka.

Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat Kompleks | via:  getinshapewithtr90.com

Karbohidrat akan menyumbangkan kalori yang berfungsi sebagai cadangan energi, materi pembangun organ tubuh, dan mengoptimalkan kerja protein. Karbohidrat kompleks dapat diperoleh dengan mengganti beras putih dan roti putih dengan beras merah dan roti gandum yang selain kaya karbohidrat, juga rendah gula.

Serat

Serat | via: herosupermarket.co.id

Serat utama didapatkan dari sayur dan buah. Dengan memasukkan makanan berserat dalam menu untuk sahur, kamu menjamin kesehatan sistem pencernaan, kenormalan berat badan, dan pencegahan dari berbagai penyakit berbahaya, seperti diabetes dan jantung.

Zat Besi

Zat Besi | via: kesehatan.gen22.net

Puasa akan membuat jumlah sel darah merah dalam tubuh menurun yang berimbas pada tubuh yang lemas dan rasa kantuk yang mengganggu karena aliran oksigen tidak maksimal. Konsumsilah makanan tinggi zat besi seperti daging dan ikan.

Lemak Baik

Lemak Baik | via: duniafitnes.com

Lemak sebenarnya memiliki manfaat bagi tubuh sebagai cadangan energi, pelindung organ tubuh, hingga menjaga suhu tubuh. Lemak dalam menu untuk sahur juga membuat membuat pergerakan makanan di perut menjadi lambat, sehingga lebih tahan lapar. Tapi sebaiknya memilih lemak sehat atau minyak yang tidak digoreng, seperti zaitun, minyak kelapa, atau flaxseed oil. Asupan lemak tidak sehat, seperti dari gorengan atau fast food, akan memasukkan radikal bebas ke dalam tubuh. Akibatnya manfaat puasa secara fisiologis berkurang.

 

Itu dia asupan yang harus dijaga selama menjalankan puasa.

 

Baca juga: Tips Agar Kuat Menjalani Puasa ala Rasulullah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading