Sukses

Lifestyle

Rayakan Ulang Tahun Jakarta? Yuk Intip Pesona Situ Babakan

Fimela.com, Jakarta Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk rayakan ulang tahun Jakarta. Buat kamu yang suka sama kebudayaan khususnya Betawi, Situ Babakan bisa jadi tempat yang cocok. Kamu bisa jalan-jalan sambil mendalami budaya Betawi. Nah, buat kamu yang masih kurang familiar dengan Situ Babakan, bisa simak ulasan yang sudah Bintang.com siapkan berikut ini.

#1

Situ Babakan. | via: alexsetia.wordpress.com

Situ Babakan terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Tempat ini ditetapkan Pemerintah Jakarta sebagai kawasan pelestarian dan pengembangan budaya Betawi secara berkesinambungan.

#2

Situ Babakan. | via: tantular.com

Situ Babakan itu sendiri merupakan danau buatan seluas 32 hektar. Air danaunya berasal dari Sungai Ciliwung. Memancing bisa jadi salah satu kegiatan yang dapat kamu lakukan. Selain itu, naik sepeda mengitari danau juga bisa jadi kegiatan seru lainnya.

#3

Situ Babakan. | via: kotawisataindonesia.com

Di kawasan perkampungan ini, masyarakatnya masih mempertahankan cara hidup khas Betawi. Jadi kalau kamu bertandang kesana, kamu akan lihat orang memancing, bercocok tanam, berdagang, juga membuat kerajinan tangan dan makanan khas Betawi.

#4

Situ Babakan. | via: dakwatuna.com

Selain itu, kalau datang saat weekend atau hari libur, kamu akan melihat berbagai pagelaran kesenian betawi, seperti silat, tari topeng, seni gambus, lenong, tanjidor, gambang kromong, dan ondel-ondel. Selain kesenian, ada juga prosesi adat Betawi lainnya, yakni upacara pernikahan, akikah, dan khatam Al-Qur'an.

#5

Situ Babakan. | via: mscpansibetawi.wordpress.com

Serunya lagi, ternyata kamu enggak dipungut biaya untuk memasuki kawasan ini, alias gratis. Tapi, buat kamu yang membawa kendaraan biasanya akan dikenakan tarif Rp. 2.000 - Rp. 5.000 untuk parkir kendaraan.

Itu dia info tentang Situ Babakan yang bisa jadi tempat cocok untuk rayakan ulang tahun Jakarta. Kamu bisa datang ke kawasan tersebut dari jam 6.00 sampai 18.00. Kapan lagi jalan-jalan tapi juga bisa dalami kebudayaan betawi yang masih asli?

 

Baca juga: HBD Jakarta! 8 Skill yang Kamu Butuhkan Kalau Hidup di Ibu Kota

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading