Sukses

Lifestyle

7 Situs Selam Terbaik yang Ada di Kepulauan Komodo

Fimela.com, Jakarta Kalau kamu hendak menjelajah ke timur Indonesia, jangan sampai melewatkan Kepualauan Komodo. Akses kesana makin mudah kok belakangan ini. Taman nasional ini enggak cuma jadikan komodo sebagai daya tarik utamanya. Melebihi itu, Kepulauan Komodo memang terkenal akan spot diving yang menambat hati siapapun yang rela tenggelam dalam keindahan koral berwarna-warni.

Buat para pemburu eksotisme, 7 situs selam yang ada di taman nasional ini rugi kalau sampai dilewatkan. Coba disimak dulu dahulu, sebelum menyesal kemudian.

Batu Bolong

Pinnacle batu yang menyembul dari kedalaman 75 meter di selat antara Pulau Tatawa dan Komodo ini hanya dapat diselami pada jam-jam pergantian pasang surut air. Berarus kuat, dinding karang di sini masih terjaga. Spot paling indahnya terletak di bagian utara saat topografinya lebih curam.

Batu Bolong. | via: thecoraltriangle.com

Manta Point

Arus di sini bersahabat sehingga kamu bisa melakukan drift dive dengan santai. Selain puluhan ekor manta ray, tempat ini juga disesaki oleh palnkton, humphead parrotfishbamboo shark, dan ikan-ikan karang.

Manta Point. | via: bernardbaliadvisor.com

Shotgun

Terletak di antara Gili Lawa Laut dan Gili Lawa Darat, Shotgun memiliki topografi yang begitu memukau. Disebut shotgun karena kalau arus sedang kuat, penyelam dapat melesat secepat peluru sambil melihat kawanan tuna dan barakuda.

Shotgun. | via: komododivecenter.com

Castle Rock

Memiliki kondisi arus yang lebih kuat di permukaan daripada di dalam air, Castle Rock terdiri dari bongkahan baru dengan jarak panang jauh. Yang buat para penyelam memfavoritkan tempat ini adalah kans untuk melihat hiu karang white tip, black tip, hiu karang abu-abu, dan giant trevally.

Castle Rock. | via: komodosailing.com

Pink Beach

Ternyata bukan hanya snorkling, tempat ini pun bisa diselami, terutama di sekitar batu besar yang tak jauh dari perairan dangkal. Situs ini dihuni leaf scorpionfish, ribbon eels, crocodilefish, dan beragam spesies nudibranch, sehingga tempat ini lebih ideal untuk night dive.

Pink Beach. | via: floresxp.com

Canibal Rock

Dipenuhi hewan makro, seperti frogfish dan pygmy seahorse. Situs yang terletak di Teluk Loh Dasami, yang ada di antara Pulau Rinca dan Nusa Kode ini memiliki arus yang tak terlalu kuat. Panorama koral warna-warni bisa ditemukan di sini.

Canibal Rock. | via: komododivesitesguide.blogspot.com

Manta Alley

Surga untuk melihat manta ray ini terletak di sebuah puau mungil di selatan Pulau Komodo. Dengan kedalaman 5 - 20 meter, kamu bisa melihat hamparan koral dengan warna yang begitu cantik. Pastikan penyelam tahan dengan air dingin perairan selatan Kepulauan Komodo.

Manta Alley. | via: komodonow.com

Bulan April hingga November jadi saat-saat terbaik kamu menikmati 7 situs selam yang ada di Kepulauan Komodo. Tertarik?

 

Baca Juga: Taman Laut 17 Pulau Riung, Kepulauan Komodo dalam Versi Mini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading