Sukses

Lifestyle

Labuan Bajo Bukan Sekedar Jembatan Menuju Komodo

Fimela.com, Jakarta Labuan Bajo, pelabuhan cantik di ujung barat Pulau Flores ini ternyata tak hanya jadi tempat persinggahan. Kamu harus transit di Labuan Bajo sebelum lanjutkan perjalanan menuju Taman Nasional Komodo. Kebiasaan itu harus disudahi, karena Labuan Bajo pun punya pesona yang rugi untuk kamu lewatkan.

Nih, Bintang.com kasih kamu ulasan tempat-tempat menarik yang bisa kamu sambangi di Labuan Bajo.

#1 Cunca Rami

Cunca Rami. | via: yukpegi.com

Air terjun ini berjarak 35 km dari Labuan Bajo. Nantinya kamu akan trekking dan menghabiskan waktu berenang di air terjun, jadi sebaiknya berbekal makanan, karena sulit berjumpa dengan pedagang. Lokasinya yang berada di pegunungan, membuat Cunca Rami biasanya hujan setiap hari, sehingga kamu harus siapkan tas yang tak bisa dimasuki air.

#2 Cunca Wulang

Cunca Wulang. | via: guide.alibaba.com

Masih spot yang sama, yakni air terjun. Namun, kali ini berjarak 30 km dari Labuan Bajo, tepatnya ke arah Ruteng. Kalau kamu hendak berkunjung, jangan saat musim penghujan karena akses menuju Cunca Wulang ditutup. Lanskapnya mengingatkan kamu akan Green Canyon. Tebing cadas dan hutan yang mengelilinginya sukses buat kamu enggan beranjak.

#3 Gua Rangko

Gua Rangko. | via: garudasocialmiles.com

Lebih mudah mengakses tempat ini dengan naik kapal dari pelabuhan Labuan Bajo. Setelah trekking selama 10 menit dari pantai, tersedia tali untuk turun ke gua penuh stalaktit dan stalakmit dengan kolam kecil berisi air asin.

Berbeda dengan gua pada umumnya, Gua Rangko paling baik kamu nikmati saat matahari tengah bergeser ke barat, yakni sekitar jam 2 siang. Hal tersebut dikarenakan gua yang aksesnya tertutup pepohonan ini baru dimasuki sinar bila matahari tengah condong ke barat.

#4 Gua Batu Cermin

Gua Batu Cermin. | via: klikhotel.com

Disebut Gua Batu Cermin karena sinar matahari yang menerobos masuk dipantulkan oleh dinding batunya. Fenomena itu terjadi akibat kandungan garam yang ada di gua tersebut. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi menjelang siang. Kondisi gua yang sempit dan minim sinar matahari membuat jumlah pengunjung yang masuk harus dibatasi, yaitu maksimal 10 orang selama 30 menit.

Itu dia bukti kalau Labuan Bajo tak hanya jadi tempat persinggahan. Punya rekomendasi tempat wisata lain yang wajib dikunjungi saat di Labuan Bajo? Kamu bisa langsung info di kolom komentar.

 

Baca juga: Brown Canyon, Tempat Wisata Hits di Semarang yang Wajib Didatangi

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading