Sukses

Lifestyle

4 Alasan Mengapa Sistem Pendidikan di Indonesia Menyedihkan

Fimela.com, Jakarta Pendidikan di Indonesia saban hari menjadi polemik. Selain kurikulum yang sulit, sistem negara ini belum berhasil sepenuhnya mencetak generasi baik.

Tengok Finlandia. Negara ini diakui memiliki sistem pendidikan paling keren di dunia dan mencetak generasi bangsa unggulan serta diakui sejagat.

Setidaknya ada 4 alasan utama kenapa sistem pendidikan negeri ini jadi menyedihkan. Yuk kita lihat alasannya. Let's go!

#Akreditasi

Ilustrasi akreditasi | Via: newcrystalhealth.org

Akreditasi di Finlandia itu tidak didapat dari pemerintah melainkan masyarakat. Jadi, warga menilai langsung apakah anak mereka semakin cerdas dan baik di sekolah atau malah sebaliknya. Akreditasi ini lebih greget karena melibatkan penduduk langsung.

#Kurikulum

Ilustrasi kurikulum mandiri | Via: sixdollarfamily.com

Di Finlandia, kurikulum dikemas sesuai keunggulan masing-masing daerah. Di Indonesia hal itu tidak terjadi. Kurikulum serentak dari pemerintah yang harus ditaati.

Sederhananya, jika kamu orang Papua asli, mau tak mau harus menelan masakan dari Jawa. Tentu kesulitan, kan?

#Ujian

Ilustrasi ujian mandiri | Via: lydiadenworth.com

Di Finlandia, gak ada yang namanya ujian nasional. Ujian dibuat sesuai hasil proses pembelajaran masing-masing anak. Sementara di Indonesia hal itu hampir mustahil.

#Standar Nilai

Ilustrasi etika anak | Via: rosyarachmania.wordpress.com

Di Finlandia tidak ada standar kecukupan nilai sebab tiap anak berbeda kemampuan menyerap pelajaran. Yang justru dikembangkan yakni STANDAR ETIKA DAN MORAL. Etika dan moral menjadi pondasi dasar bangsa kuat, cerdas, serta santun.

No wonder, masih banyak tawuran anak sekolah di sini, ya. Hiks :(

Ilustrasi tawuran pelajar. Foto: tribunnews.com

Itu tadi 4 poin penting yang menjawab pertanyaan kenapa pendidikan di Indonesia sungguh miris. Semoga pemerintah bisa memperbaikinya, ya. Amin.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading