Sukses

Lifestyle

7 Fakta Pahlawan Cut Nyak Meutia Tumbuhkan Semangat Nasionalisme

Fimela.com, Jakarta Cut Nyak Meutia lahir pada tahun 1870 di Perlak, Aceh. Wanita yang tangguh dan memiki semangat yang enggak pernah surut ini dinobatkan menjadi pahlawan  kemerdekaan nasional tahun 1964. Pahlawan satu ini sangat istimewa, sampai-sampai prinsip dan perjuangannya ketika melawan Belanda sanggup menumbuhkan semangat nasionalismemu!

Fakta #1

7 Fakta Pahlawan Cut Nyak Meutia Tumbuhkan Semangat Nasionalisme | via: tokohdunia.com

Walaupun pasukan bersenjata api lengkap meghadang, hatinya enggak pernah ciut.  Walaupun cuma dengan sebilah rencong di tangan, dia tetap melawan. 

Fakta #2

7 Fakta Pahlawan Cut Nyak Meutia Tumbuhkan Semangat Nasionalisme | via: en.wikipedia.org

Cut Nyak Meutia pernah menegur keras Cut Nyak Dien ketika Teuku Umar, suami dari Dien, bergabung dengan Belanda karena dia enggak tahu kalau itu hanya sebuah taktik yang dirancang Teuku Umar. 

Fakta #3

7 Fakta Pahlawan Cut Nyak Meutia Tumbuhkan Semangat Nasionalisme | via: ngelinkfo.blogspot.com

H C Zentgraaf, penulis asal Belanda sangat mengagumi sosok Cut Nyak Meutia. Bahkan, nama Meutia termasuk yang paling sering ditulis dalam bukunya yang berjudul Aceh. 

Fakta #4

7 Fakta Pahlawan Cut Nyak Meutia Tumbuhkan Semangat Nasionalisme | via: pusakaindonesia.org

Zentgraaf kagum dengan Meutia. Karena semangat mempertahankan tanah tumpah darahnya enggak pernah surut. Bukan cuma itu, bahkan Meutia enggak takut mati ketika bertempur dengan musuh. 

Fakta #5

7 Fakta Pahlawan Cut Nyak Meutia Tumbuhkan Semangat Nasionalisme | via: deviantart.net

Masih dalam bukunya Zentgraaf, sikap Meutia yang tegas dan menolak segala macam kompromi melipatgandakan tenaganya untuk melawan orang Belanda yang menjajah. 

Fakta #6

7 Fakta Pahlawan Cut Nyak Meutia Tumbuhkan Semangat Nasionalisme | via: jakarta.go.id

Meutia berasal dari keluarga uleebalang yang dikenal dengan orang berpendidikan. Walaupun berasal dari keluarga terhormat, dia rela meninggalkan segala kesenangan dan kekayaannya demi membela tanah kelahirannya. Prinsipnya, rela berkorban apa saja baik harta benda, kedudukan dan nyawa untuk membela agama dan bangsa. 

Fakta #7

Perang Aceh | via: djenderal4arwah.wordpress.com

Meutia menikah dengan pria pilihan ayahnya, Teuku Syarif tahun 1890. Tapi sikap suaminya yang mendukung Belanda sangat bertentangan dengannya. Walaupun begitu dia enggak pernah patah semangat. Dia kemudian meminta diceraikan dan dipulangkan ke rumah orang tuanya di Pirak. 

 

Nah itu dia fakta-fakta pahlawan kemerdekaan Cut Nyak Meutia yang membangkitkan semangat dan rasa nasionalisme. Meskipun sudah enggak ada perang fisik, rasa cintamu terhadap tanah air enggak boleh surut, ya. 

 

Baca juga: 8 Fakta Pahlawan Kemerdekaan Indonesia, Agus Salim

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading